Maulana, Azhar (2025) Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Game Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Petarukan Pada Materi Bentuk Aljabar. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
2618120_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2618120_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2618120_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kurangnya minat siswa akan suatu pembelajaran bisa mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk itu perlu adanya usaha guru dalam meningkatkan minat belajar siswa, sehingga hasil belajarnya akan ikut meningkat. Pemilihan model pembelajaran berbasis game dan pemanfaatan media yang tepat bisa menjadi salah satu solusi karena mampu menghilangkan rasa jenuh dan bosan siswa saat pembelajaran. Penggunaan aplikasi educandy ini bisa membantu guru dalam merancang dan mendesain pembelajaran interaktif yang bisa menumbuhkan semangat dan minat belajar siswa Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Petarukan pada materi bentuk aljabar antara yang menggunakan game educandy dengan yang menggunakan pembelajaran problem based learning?. 2) Apakah pembelajaran menggunakan game educandy lebih efektif dibandingkan pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran game educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Petarukan pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan purpossive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas VII G dan 25 siswa kelas VII H tahun ajaran 2024/2025 di SMP Negeri 6 Petarukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Serta analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test untuk menguji hipotesis
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Game Educandy, Hasil Belajar. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:24 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15001 |
Available Versions of this Item
-
Efektivitas Pembelajaran Menggunakan
Game Educandy Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Petarukan
Pada Materi Bentuk Aljabar. (deposited UNSPECIFIED)
- Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Game Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Petarukan Pada Materi Bentuk Aljabar. (deposited 18 Jul 2025 07:24) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |