Atika, Dwi Ayu (2020) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak kelompok b di kb al-ikhlas Klego kota Pekalongan tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini menjadi sebuah masalah adalah masih banyak anak yang perkembangan sosial emosionalnya kurang atau masih rendah. Salah satu media yang dapat digunakan dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, anak dapat meningkatkan kemampuan sosialnya, dapat menumbuhkan rasa kerjasama dan kekompakan karena dilakukan dalam bentuk kelompok. Penelitian ini mencakup tiga rumusan masalah. Pertama, bagaimanakah perkembangan sosial emosional anak. Kedua, bagaimanakah perkembangan sosial emosional anak dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Ketiga, apakah ada efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini yaitu Pertama, untuk menganalisa perkembangan sosial emosional anak, Kedua untuk menganalisa perkembangan sosial emosional anak dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, dan Ketiga untuk menganalisa efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis eksperimen desain Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: Pertama, skor rata-rata perkembangan sosial emosional anak sebelum perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di kelas kontrol 17,5 termasuk dalam kategori rendah pada interval 10 – 17,5. Sedangkan di kelas eksperimen adalah 16,06 termasuk dalam kategori rendah pada interval 10 – 17,5. Kedua, skor rata- rata perkembangan sosial emosional anak setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di kelas eksperimen adalah 29,8 termasuk dalam kategori cukup tinggi pada interval 25 – 32,5. Ketiga, efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak sebesar 13,74 (22%) dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh (thitung = 33,875 > ttabel = 2,131), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak pada Kelompok B di KB Al- Ikhlas Klego Kota Pekalongan tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Sosial Emosional, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2021 06:50 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2021 06:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1505 |
Actions (login required)
View Item |