Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Pembelajaran Ramah Anak Di SMP Negeri 1 Kandeman

Fadhillah, Ayu (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Pembelajaran Ramah Anak Di SMP Negeri 1 Kandeman. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121192_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2121192_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2121192_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Strategi pembelajaran ramah anak menjadi kebutuhan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), strategi ini berperan penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai moral siswa. Di SMP Negeri 1 Kandeman, guru PAI mulai menerapkan pendekatan yang lebih humanis dan partisipatif untuk menciptakan suasana belajar yang menghargai hak anak. Meskipun demikian, para guru PAI seringkali masih terjebak dalam metode pengajaran tradisional yang belum sepenuhnya selaras dengan prinsip pembelajaran ramah anak. Oleh karena itu, strategi yang tepat perlu terus dikembangkan agar proses pembelajaran PAI dapat berjalan lebih efektif dan menyenangkan bagi peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan pembelajaran ramah anak di SMP N 1 Kandeman; (2) Bagaimana hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan pembelajaran ramah anak di SMP N 1 Kandeman; (3) Bagaimana respons peserta didik terhadap penerapan pembelajaran ramah anak di SMP N 1 Kandeman. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan pembelajaran ramah anak di SMP N 1 Kandeman, mengetahui hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pembelajaran ramah anak di SMP N 1 Kandeman dan mengetahui respons peserta didik terhadap penerapan pembelajaran ramah anak di SMP N 1 Kandeman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui kondesasi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kandeman dalam menerapkan pembelajaran ramah anak mencakup enam pendekatan utama, yaitu ekspositori, inkuiri, berbasis masalah, kooperatif, xiii afektif, dan kontekstual, yang dilaksanakan secara humanis dengan menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, dan inklusif. Selain itu, faktor pendukung dan hambatan secara bersamaan mewarnai upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kandeman dalam menerapkan pembelajaran ramah anak, di mana dukungan dari pihak sekolah, kerja sama dengan lembaga eksternal seperti Kemen PPPA, dan keterlibatan orang tua peserta didik menjadi penguat utama dalam menciptakan suasana belajar yang inklusif dan empatik, sementara tantangan seperti ketiadaan kurikulum khusus, perbedaan karakter serta kondisi emosional peserta didik, dan padatnya beban kurikulum menjadi hambatan nyata yang perlu dihadapi dengan strategi adaptif dan komitmen yang tinggi dari para guru. Meski begitu, guru PAI tetap berkomitmen menerapkan strategi yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan menjaga komunikasi yang baik. Hasilnya, mayoritas peserta didik memberikan respons positif karena merasa dihargai, senang dengan metode pembelajaran yang bervariasi, serta lebih aktif dan percaya diri dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufid, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Ramah Anak dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:07
Last Modified: 21 Jul 2025 03:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15052

Actions (login required)

View Item View Item