Efektivitas Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Sikap Kritis Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Kota Pekalongan

Feriansyah, Muhammad Farrel (2025) Efektivitas Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Sikap Kritis Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121251_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (766kB)
[img] Text
2121251_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121251_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan metode pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Kota Pekalongan dalam mata pelajaran PAI, sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu : (1) Bagaimana efektivitas modul ajar PAI berbasis sikap kritis pada kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan? (2) Apa kendala efektivitas modul ajar PAI berbasis sikap kritis pada kurikulum Merdeka belajar di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan? (3) Bagaimana solusi efektivitas modul ajar PAI pada kurikulum Merdeka belajar dalam perkembangan sikap kritis di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan? Selanjutnya, terdapat tujuan penelitian yaitu : (1) untuk mendeksripsikan penggunaan modul ajar PAI yang dipakai pada kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 kota Pekalongan, (2) untuk mendeksripsikan hambatan dalam efektivitas modul ajar PAI pada kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 1 kota Pekalongan, (3) untuk mendeksripsikan pengaruh penggunaan modul ajar PAI berbasis sikap kritis pada kurikulum merdeka belajar dalam perkembangan siswa di SMA Negeri 1 kota Pekalongan. Jenis penelitian ini berupa pe$nelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deksriptif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan datadata yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model miles dan huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat signifikan dalam membimbing siswa untuk berpikir lebih mendalam dan reflektif. Modul ajar yang dikembangkan terbukti memberikan dampak positif, yang terlihat dari meningkatnya kualitas diskusi dan pemahaman materi siswa yang lebih mendalam. Meskipun terdapat keterbatasan waktu dan sumber daya selama pengembangan, secara keseluruhan modul ajar ini dinilai efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul ajar PAI, Berbasis Kritis, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:22
Last Modified: 21 Jul 2025 03:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15068

Actions (login required)

View Item View Item