Munawaroh,, Siti (2025) Konsep Bimbingan Islami terhadap Pencegahan Perilaku Bullying dalam Q.S Al – Hujurat Ayat 11 – 12 dan Al – Humazah Ayat 1. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3520027_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3520027 Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3520027_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bullying merupakan suatu tindakan agresif yang dilakukan oleh seseorang dengan menganggap bahwa dirinya lebih kuat dan bisa menindas yang lebih lemah. Berdasarkan jenisnya, bullying terbagi menjadi tiga yaitu bullying secara verbal, bullying secara fisik dan bullying secara rasional. Dalam Al-Qur’an tepatnya di Surah Al-Hujurat ayat 11-12, dan Al-Humazah ayat 1 telah menjelaskan bahwa Allah melarang keras perilaku mengolok-olok, mengejekdan menyebut sebutan buruk kepada orang lain serta menggunjing orang lain, yang mana itu semua termasuk dalam kategori perilaku bullying dan telah dijelaskan juga apa hukumannya bagi yang melakukannya. Dengan demikian beberapa ayat yang telah disebutkan diatas dalam penelitian ini menjadi rujukan untuk mengetahui bagaimana bimbingan Islami dalam pencegahan perilaku bullying. Adapun rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu bagaimana Konsep Bimbingan Islami terhadap Pencegahan Perilaku Bullying dalam Q.S Al – Hujurat Ayat 11 – 12 dan Al – Humazah Ayat 1. Lalu tujuan dari penelitian ini adalah supaya mengetahui Konsep Bimbingan Islami terhadap Pencegahan Perilaku Bullying dalam Q.S Al – Hujurat Ayat 11 – 12 dan Al – Humazah Ayat 1. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu secara teoristis bisa menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya. Sedangkan secara praktis diharapkan bisa memberikan pengetahuan bagi umat islam di era modern yang sering melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan ajaran islam yaitu mengenai perilaku bullying terhadap sesama manusia Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualititatif bersifat kepustakaan (library research), yaitu melakukan penelitian dengan cara mnghimpun berbagai buku serta sumber-sumber lain yang sesuai dengan tema penelitian yang akan dikaji. Dalam penelitian ini,penulis menggunakn pendekatan hermeneutika ma’na cum maghza, yaitu salah satu pendekatan dalam penafsiran Al-Quran yang secara pokok dalam prosesnya penafsir dituntut agar bisa menggali serta merekontruksi makna historis, yaitu makna (ma’na) dan pesan utama (maghza). Hasil dari penelitian ini yaitu dalam Q.S Al- Hujurat ayat 11-12 – Al-Humazah ayat 1 sesuai dengan konsep bimbimgan terkait fungsi pencegahan perilaku bullying, yang mana terdapat larangan mengolok-olok, mencela, menghina, memanggil panggilan buruk orang lain, larangan untuk berburuk sangka, mencari-cari kesalahan orang lain serta menggunjing atau membicarakan aib orang lain. Dilihat dari penjelasan di atas, akultuturasi bimbingan Islami yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu terkait dengan akulturasi Ikhsan,
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islami, Bullying, Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:12 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |