Supaeroh, Hani (2025) Eksperimentasi Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H bdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2618086_COVER_BAB 1 DAN BAB V.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2618086_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
Text
2618086_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Supaeroh, Hani. 2025. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Warungasem Batang”. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Juwita Rini, M.Pd. Mata pelajaran matematika sangat erat hubungannya dengan mata pelajaran lain dimana tanpa bantuan matematika pemecahan persoalan dalam ilmu lain maupun dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat diselesaikan. Pada penelitian ini, penulis meneliti kendala atau permasalahan yang dihadapi siswa pada pokok bahasan peluang. Akan tetapi siswa kurang mampu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Sehingga penulis meneliti cara mengatasi permasalahan siswa tersebut dengan menerapkan model pembelajaran talking stick. Model pembelajaran talking stick adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar dengan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berbagi pemikiran, bertukar pendapat, dan saling mendengarkan. Dari latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa yang dikenai model talking stick di SMP Negeri 2 Warungasem Batang?, 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa yang tidak dikenai model pembelajaran talking stick di SMP Negeri 2 Warungasem Batang?, 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang dikenai model pembelajaran talking stick dan tidak dikenai model pembelajaran talking stick di SMP Negeri 2 Warungasem Batang?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen, dengan metode quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitiannya yaitu nonequivalent control group desaign. Untuk populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII di SMP Negeri 2 Warungasem, sedangkan sampelnya yaitu kelas VIII-D (kelas eksperimen) berjumlah 29 siswa dan kelas VIII B (kelas kontrol) dengan jumlah 30 siswa. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model talking stick, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Kemudian teknik pengambilan sampelnya dilakukan sacara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest) dan metode dokumentasi. Untuk teknik analisis datanya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran talking stick, pada kelas eksperimen diperoleh memiliki nilai rata-rata pretest yaitu 43,10 dan nilai rata-rata posttest yaitu 82,97. Maka terdapat peningkatan pada kelas eksperimen 39,87%. 2) Hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran talking stick, pada kelas xiv kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 39,79 dan nilai rata-rata posttest yaitu 69,16. Maka terdapat peningkatan sebesar 29,37%. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang dikenai model pembelajaran talking stick dan yang tidak dikenai model pembelajaran talking stick. Hasil belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran talking stick (kelas eksperimen) mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak dikenai model pembelajaran talking stick (kelas kontrol).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika, model pembelajaran talking stick, hasil belajar matematika. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:31 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 02:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |