Implementasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PAI Tahun Ajaran 2024/2025 di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang

Hanifah, Atmarida (2025) Implementasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PAI Tahun Ajaran 2024/2025 di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
2121227_BAB I DAN V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121227_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2121227_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum Merdeka menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas. Namun, juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau yang disebut sebagai wujud Profil Pelajar Pancasila. Adapun yang melatarbelakangi munculnya Profil Pelajar Pancasila adalah kemajuan pesat teknologi, pergeseran sosio-kultural, perubahan lingkungan hidup, dan perbedaan dunia kerja masa depan dalam bidang pendidikan pada setiap tingkatan dan bidang kebudayaan. Dalam konteks pembelajaran di sekolah menengah atas, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X, implementasi penguatan profil pelajar Pancasila menjadi sangat relevan. Melalui pembiasaan seperti sholat berjamaah, membaca asmaul husna, pembiasaan literasiَAlَQur’an,َsertaَpenerapanَnilaiَtoleransiَdanَgotongَroyongَdalamَaktivitasَ belajar. Implementasi kurikulum merdeka belajar yang didalamnya mencakup enam elemen profil pelajar pancasila telah diterapkan di SMA Negeri 1 Subah. Sebagai bagian dari pembelajaran intrakurikuler, dimensi profil pelajar Pancasila diintegrasikan ke dalam capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, atau materi pembelajaran. Rumusan Masalah dalam penelitisn ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk implementasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PAI kelas X tahun ajaran 2024/2025 di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari implementasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran PAI kelas X tahun ajaran 2024/2025 di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field reseach atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer yaitu kepala sekolah, guru PAI, Waka Kurikulum dan siswa kelas X. serta data sekunder yaitu jurnal, buku, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru PAI, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan siswa kelas X, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan keabsahan data dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Adapun teknik analis data yang digunakan yaitu berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. xiv Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI telah dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan menerapkan nilai-nilai dimensi profil pelajar Pancasila dalam materi ajar, metode pembelajaran yang aktif dan partisipatif, serta pembiasaan sikap religius dan toleransi dalam kehidupan sekolah. Faktor pendukung implementasi meliputi kompetensi guru, dukungan kebijakan sekolah, serta lingkungan belajar yang kondusif. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu pembelajaran, tantangan latar belakang siswa yang beragam serta kurangnya pemahaman siswa terhadap makna profil pelajar Pancasila secara utuh. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru serta penguatan sinergi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila secara holistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam, Implementasi, Kelas X
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:41
Last Modified: 21 Jul 2025 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item