Umrotun, Isnainatim (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Viii Di Mts Nu Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121111_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121111_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2121111_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan masih tergolong rendah, siswa cenderung pasif, kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat,dan serta tidak terlibat secara aktif dalam diskusi kelompok. Kondisi ini semakin kompleks karena model pembelajaran yang masih terpusat pada guru sehingga proses belajar mengajar terasa embosankan dan tidak menantang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dianggap relevan karena menempatkan siswa pada kondisi belajar yang kontekstual dan berfokus pada pemecahan masalah. Beberapa penelitian terdahulu juga mengindikasikan bahwa model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan erpikir itis siswa. Meskipun masih dijumpai kendala seperti kurangnya kepercayaan iri siswa dakam berpartisipasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlibatan siswa dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mendukung dan menghambat penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning berjalan cukup efektif, didukung oleh strategi pembelajaran yang sesuai,motivasi iswa, lingkungan kelas yang kondusif,dan arana prasarana yang memadai. Namun, terdapat hambatan seperti keterbatasan Waktu, dominasi siswa tertentu dalam kelompok, serta kurangnya disiplin dari sebagian siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:26 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |