INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERHADAP GURU MELALUI PENDEKATAN BIMBINGAN ISLAM DALAM PENGAJIAN KITAB AKHLAK LIL BANAT DI PONDOK PESANTREN AL UTSMANI KAJEN

Lailiyah, Sofia Saidatul (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK TERHADAP GURU MELALUI PENDEKATAN BIMBINGAN ISLAM DALAM PENGAJIAN KITAB AKHLAK LIL BANAT DI PONDOK PESANTREN AL UTSMANI KAJEN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520126 - Bab I dan Bab V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
3520126 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
3520126 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses internalisasi nilai-nilai akhlak santri terhadap guru melalui pendekatan bimbingan Islam dalam kegiatan pengajian Kitab Akhlak Lil Banat di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Kitab ini rutin diajarkan oleh pengasuh pondok, Nyai Kholisnawati Rossa, kepada seluruh santri putri dalam bentuk pengajian kitab model bandongan (yakni metode pengajaran klasik di pesantren, di mana guru membacakan isi kitab dan menjelaskan maknanya, sementara santri menyimak secara khidmat dan mencatat). Fokus nilai yang diinternalisasikan mencakup ketaatan kepada guru, kesopanan dalam berbicara dan bersikap, ketenangan di majelis ilmu, serta mengamalkan ilmu sebagai bentuk penghormatan terhadap guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai kitab Akhlak Lil Banat terhadap guru melalui pendekatan bimbingan Islam? (2) Bagaimana perubahan perilaku santri dalam menghormati guru setelah mengikuti proses internalisasi nilai tersebut? Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami mekanisme internalisasi nilai dalam pengajian kitab, serta menganalisis dampaknya terhadap akhlak dan sikap santri kepada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode lapangan (field research). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran kitab dan interaksi santri-guru.Subjek penelitian terdiri atas tujuh orang, yakni empat santri, dua ustazah pengajar, dan satu pengasuh pondok. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pengajian kitab Akhlak Lil Banat yang dilakukan secara sistematis, mampu menumbuhkan perubahan sikap yang nyata dalam diri santri. Proses ini berjalan melalui pendekatan bimbingan Islam yang menekankan pada tahapan ta’rif (pengenalan), fahm (pemahaman), iqna’ (penghayatan), dan tatbiq (pengamalan). Nilai-nilai tersebut dihidupkan dalam keseharian santri melalui pembiasaan, keteladanan, serta lingkungan pondok yang mendukung, sehingga mendorong santri menjadi pribadi yang lebih santun, taat, dan penuh hormat terhadap guru secara konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, Maskhur1973061120031210013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Bimbingan Islam, Akhlak Santri
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:17
Last Modified: 21 Jul 2025 04:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item