Peran guru dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini kelompok b di RAM NU Kebonrowopucang

Ismawati, Naelatul (2020) Peran guru dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini kelompok b di RAM NU Kebonrowopucang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Anak usia merupakan anak yang berada dalam masa pra sekolah dimana anak pada masa ini ada pada tahap belajar menyesuaikan diri diri dengan kelompok teman sebaya dan mengembangkan pola perilaku yang sesuai dengan harapan sosial. Oleh karena dibutuhkan suatu pendidikan yang dapat mengembangkan kemampuan social dan salah satunya ada pendidikan prasekolah yang dapat memberikan pengalaman sosial di bawah bimbingan guru yang membantu mengembangkan hubungan sosial yang menyenangkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini kelompok B di RAM NU Kebon rowo pucang dan Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan social anak usia dini kelompok B di RAM NU Kebon rowo pucang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban dari rumusan maalah.Kegunaan penelitian ini diharapkan mampu menambah pengetahuan bagi pembaca dan membantu guru dalam mengembangkan kemampuan social anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research)yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lapangan dan didukung dengan kajian berbagai sumber keputusan sebagai kajian.Pendekatan yang digunakan dengan mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata- kata yang didapat melalui wawancara yang dilakukan di lapangan dengan guru sebagai data primer dalam penelitian ini dan buku- buku yang relevan dengan penelitan. Hasil dari peneltian ini menunjukkan adanya peran guru dalam mengembangkan kemampuan social anak usia dini diantaranya peran guru untuk mengarahkan, membimbing dan member tauladan. Hasil penelitian untuk upaya guru dalam mengembangkan kemampuan social anak yaitu dengan mendesain metode pembelajaran dan menggunakan media yang sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, KemampuanSosialAnak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:50
Last Modified: 15 Jun 2021 07:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item