Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPN 01 Bojong

Indriyani, Hana (2025) Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPN 01 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3518080_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518080_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3518080_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Indriyani,Hana. 2025.Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPN 02 Bojong. Skripsi S1 Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Nadhifatuz Zulfa, M.Pd. Peran guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam membantu siswa mengembangkan potensi diri, mengatasi masalah pribadi dan akademik, serta merencanakan karir. Mereka bertindak sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam berbagai aspek kehidupan sekolah dan mempersiapkan mereka untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kedisiplinan belajar di SMPN 1 Bojong. Penelitian ini menggunakan pendekatan Behavioral, menggunakan metode kualitatif dan penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) sebagai pendukung dalam melakukan penelitian. Objek pada penelitian ini yaitu tiga orang siswa di SMPN 01 Bojong.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang menganalisis kondisi Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Belajatr Siswa Di SMPN 01 Bojong. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa peran guru bimbingan dan konseling sangatlah memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan kedisiplinan belajar siswa di SMPN 01 Bojong. Perubahan yang terjadi setelah melakukan layanan bimbingan konseling yakni bahwa siswa dapat meningkatkan kedisiplinan belajarnya, dan lebih baik lagi kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, NadhifatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan Konseling, Kedisiplinan Belajar
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:06
Last Modified: 21 Jul 2025 07:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item