Efektivitas Penggunaan Reklame Sebagai Media Komunikasi Bupati Fadia Arafiq Tahun 2024 Kepada Masyarakat Kabupaten Pekalongan

Ghinanda, Jesicca (2025) Efektivitas Penggunaan Reklame Sebagai Media Komunikasi Bupati Fadia Arafiq Tahun 2024 Kepada Masyarakat Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421130_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3421130_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3421130_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Jesicca Ghinanda. 2025. Efektivitas Penggunaan Reklame sebagai Media Komunikasi Bupati Fadia Arafiq Tahun 2024 kepada Masyarakat Kabupaten Pekalongan. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing, Firda Aulia Izzati, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Reklame, Media Komunikasi, Representasi Dakwah, Bupati Fadia Arafiq Reklame merupakan media komunikasi luar ruang yang sering digunakan oleh pemerintah untuk menyampaikan program dan kebijakan publik. Di Kabupaten Pekalongan, Bupati Fadia Arafiq sebagai pemimpin perempuan memanfaatkan reklame sebagai sarana untuk menyampaikan informasi pembangunan sekaligus menyisipkan pesan dakwah yang bersifat moral dan keislaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya kajian mengenai efektivitas reklame sebagai media komunikasi publik yang mengandung nilai dakwah, khususnya oleh tokoh perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan reklame sebagai media komunikasi oleh Bupati Fadia Arafiq pada tahun 2024 dalam menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan, serta meninjau sejauh mana reklame tersebut merepresentasikan nilai-nilai dakwah. Reklame sebagai media visual memiliki peran strategis dalam membentuk opini dan kesadaran masyarakat, tidak hanya dalam aspek administratif, tetapi juga dalam ranah moral dan spiritual.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan penyebaran mini kuisioner kepada 20 responden dari berbagai latar belakang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reklame Bupati Fadia Arafiq cukup efektif dalam menyampaikan informasi terkait program-program pemerintah seperti pendidikan gratis dan pencegahan stunting. Namun demikian, reklame belum sepenuhnya mampu merepresentasikan dakwah secara utuh, karena mayoritas masyarakat tidak menangkap pesan-pesan religius atau spiritual secara eksplisit. Dengan demikian, reklame lebih berfungsi sebagai media komunikasi informasi daripada media dakwah. Penelitian ini merekomendasikan agar konten reklame pemerintah ke depan lebih diperkuat dengan unsur dakwah yang lebih eksplisit dan menyentuh kesadaran keislaman masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIzzati, Firda AuliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Reklame, Media Komunikasi, Representasi Dakwah, Bupati Fadia Arafiq
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:39
Last Modified: 21 Jul 2025 03:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15139

Actions (login required)

View Item View Item