Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Kepuasan Jama’ah Haji Plus Di Pt. Olayan Tour Kota Pekalongan

Mausufah, Hesti (2025) Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Kepuasan Jama’ah Haji Plus Di Pt. Olayan Tour Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3621031_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3621031_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3621031_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hesti Mausufah, 2025. Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kepuasan Jama’ah Haji Plus di PT. Olayan Tour Kota Pekalongan Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Jurusan Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Wirayudha Pramana Bhakti, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Kepuasan Jama’ah, Haji Plus PT. Olayan Tour di Kota Pekalongan adalah lembaga resmi yang menyelenggarakan perjalanan ibadah Haji dan telah mendapat izin operasional dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Sebagai biro perjalanan Haji Plus, perusahaan ini berkomitmen untuk meningkatkan kepuasan jamaah melalui penerapan strategi manajemen yang terstruktur dan fokus pada kualitas layanan. Namun dalam pelaksanaannya, masih terdapat kendala, terutama dalam aspek promosi digital yang belum berjalan dengan optimal. Kendala ini disebabkan oleh keterbatasan sumber daya manusia yang khusus menangani pengelolaan media sosial sebagai alat informasi dan promosi. Situasi ini mendorong PT. Olayan Tour untuk terus melakukan evaluasi internal dan mengembangkan strategi yang adaptif, guna memperkuat loyalitas dan membangun kepercayaan jamaah Haji Plus secara berkelanjutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kaulitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pimpinan PT. Olayan Tour Kota Pekalongan, sedangkan data sekunder berasal dari literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data,verifikasi data secara sistematis untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Manajemen strategi PT. Olayan Tour di Kota Pekalongan untuk meningkatkan kepuasan jamaah haji meliputi pemindaian lingkungan yang mempertimbangkan faktor internal dan eksternal dalam pelayanan oleh sumber daya manusia yang kompeten, meningkatkan kualitas layanan di tengah persaingan yang ketat, tantangan dalam aspek promosi digital, khususnya terkait dengan keterbatasan sumber daya manusia yang secara khusus menangani pengelolaan media sosial terus diupayakan untuk pengembangan strategi yang lebih adaptif. Implementasi strategi dilakukan dengan membangun hubungan baik dengan jamaah dan mempermudah akses layanan. Evaluasi berkala berdasarkan kritik dan saran dari jamaah penting untuk meningkatkan kepuasan. 2. Peningkatan kepuasan jamaah haji di PT. Olayan Tour ditentukan oleh kualitas produk yang sesuai dengan kebutuhan, memenuhi harapan, dan memberikan pengalaman emosional positif. Selain itu, harga yang sebanding dengan kualitas produk, pelayanan yang baik, serta transparansi biaya kepada jamaah juga memiliki kontribusi dalam meningkatkan kepuasan jamaah Haji Plus.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Kepuasan Jama’ah, Haji Plus
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:58
Last Modified: 21 Jul 2025 03:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item View Item