Syaputra, Ilham Maulana (2025) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP 2 Negeri Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI K.H ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
![]() |
Text
2621067_BAB 1 DAN BAB 5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2621067_FULL TEXT 1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2621067_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu aspek penting dari keterampilan berpikir tingkat tinggi yang harus dikuasai siswa dalam memahami konsep, menyelesaikan masalah, dan menyampaikan ide secara logis. Namun, berdasarkan observasi awal dan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII SMP Negeri 02 Sragi, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengemukakan alasan, menjelaskan ide matematis, serta menyajikan solusi dalam bentuk tertulis maupun representasi visual seperti grafik atau tabel. Hal ini menunjukkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang belum berkembang secara optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang mampu mendorong keterlibatan aktif siswa, kolaborasi, serta diskusi mendalam untuk meningkatkan komunikasi matematis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelas VIII di SMP Negeri 02 Sragi, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model GI, dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran kooperatif. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian yang mencakup tiga indikator utama: menulis penjelasan matematis, menyajikan ide melalui grafik/tabel, serta mengungkapkan model dan solusi secara logis. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas Levene, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 80,03, lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol sebesar 74,09. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,056 dengan df = 62, lebih besar dari ttabel sebesar 2,000 pada tingkat signifikansi 0,05. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,028 (p < 0,05), yang menegaskan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Sragi, terutama dalam pembelajaran matematika materi Statistika Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Group investigation,komunikasi matematis,statistika dasar, pembelajaran kooperatif | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:47 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:47 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |