Pengaruh Kecanduan Internet, Diskon Harga, Kepercayaaan Konsumen dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pengguna Shopee (Studi Kasus Konsumen Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan)

Herawati, Luluk (2025) Pengaruh Kecanduan Internet, Diskon Harga, Kepercayaaan Konsumen dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pengguna Shopee (Studi Kasus Konsumen Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119218_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4119218_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4119218_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sistem belanja online saat ini menjadi model pembelian yang tren bagi masyarakat modern. E-commerce besar bermunculan di Indonesia meliputi Shopee, Blili, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan e-commerce membuat masyarakat lebih memilih berbelanja online. Di sisi lain, hal tersebut mempengaruhi perilaku konsumen untuk melakukan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya atau biasa disebut pembelian impulsif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kecanduan internet, diskon harga, kepercayaan konsumen, dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pengguna Shopee di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel 96 responden. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Analisis data meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan internet tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang ditunjukkan t hitung (1,445) < t tabel (1,986) dengan nilai signifikansi 0,152>0,05, diskon harga tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang ditunjukkan t hitung (1,849) < t tabel (1,986) dengan nilai signifikansi 0,068>0,05, kepercayaan konsumen tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif yang ditunjukkan t hitung (0,649) < t tabel (1,986) dengan nilai signifikansi 0,518>0,05. Motivasi belanja hedonis mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif yang ditunjukkan t hitung vii (3,462) > t tabel (1,986) dengan nilai signifikansi 0,001<0,05. Secara simultan, kecanduan internet, diskon harga, kepercayaan konsumen, dan motivasi belanja hedonis mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif pengguna Shopee di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel kecanduan internet, diskon harga, kepercayaan konsumen, dan motivasi belanja hedonis mampu menjelaskan 52,8% dari total varians yang dimiliki variabel pembelian impulsif. Sedangkan sisanya sebesar 47,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar cakupan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyada, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Internet, Diskon Harga, Kepercayaaan Konsumen, Motivasi Belanja Hedonis dan Pembelian Impulsif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:52
Last Modified: 21 Jul 2025 04:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15180

Actions (login required)

View Item View Item