Lutfiyanto, Andri (2025) Konsep Pembentukan Akhlak Remaja Dalam Al-Qur’an (Studi Ayat-Ayat Tentang Akhlak Perspektif Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3118014 - Bab I dan Bab V.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
3118014 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
3118014 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan zaman dan pesatnya arus globalisasi telah membawa dampak signifikan terhadap degradasi akhlak remaja, seperti pergaulan bebas, kekerasan, dan melemahnya budaya menghormati orang tua serta guru. Fenomena ini menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan, terutama di Indonesia, yang memerlukan solusi berbasis nilai-nilai Islam. Al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran Islam menawarkan prinsip-prinsip akhlak mulia yang perlu ditafsirkan secara kontekstual. Penelitian ini mengkaji konsep pembentukan akhlak remaja melalui penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an dalam Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), yang diharapkan dapat menjadi panduan dalam membentuk karakter remaja yang berakhlak mulia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pembentukan akhlak dalam Al-Qur’an dan bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang akhlak dalam Tafsir Kemenag RI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ayat-ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang pembentukan akhlak remaja serta menganalisis penafsirannya dalam Tafsir Kemenag RI. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai akhlak yang relevan bagi remaja dalam konteks kekinian, sekaligus memperkaya khazanah keilmuan tafsir di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif-analitis. Sumber data primer adalah Tafsir Kemenag RI, sedangkan sumber sekunder meliputi buku, jurnal, dan artikel terkait. Analisis data dilakukan dengan metode tematik (maudhu’i) yang meliputi pengumpulan ayat-ayat akhlak, penyusunan berdasarkan kronologi turunnya, analisis hubungan antar-ayat, dan penguatan dengan hadis. Pendekatan ini memungkinkan pemahaman yang holistik dan kontekstual terhadap nilai-nilai akhlak dalam Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan akhlak remaja dalam Al-Qur’an mencakup tiga dimensi utama: akhlak kepada Allah (tauhid, syukur, tawakal), akhlak kepada sesama manusia (berbakti kepada orang tua, toleransi, kejujuran), dan akhlak terhadap lingkungan (sabar, peduli lingkungan). Tafsir Kemenag RI menekankan keteladanan Nabi Muhammad SAW, moderasi (wasathiyah), dan relevansi nilai-nilai akhlak dengan tantangan modern. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan akhlak berbasis Al-Qur’an dan Tafsir Kemenag RI dapat menjadi solusi efektif dalam membentuk generasi remaja yang berkarakter mulia dan tangguh menghadapi dinamika zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pembentukan Akhlak, Remaja, Tafsir Kemenag RI. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X2.1 Ilmu Hadits | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:45 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |