Implementasi Pembelajaran Proyek Video Edukatif Berbasis Tes Multiple Intelligence Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Thibbil Qulub Assimbani

Sinta, Dewi (2025) Implementasi Pembelajaran Proyek Video Edukatif Berbasis Tes Multiple Intelligence Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Thibbil Qulub Assimbani. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120324_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120324_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2120324_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) diharapkan mampu mengakomodasi keberagaman kecerdasan peserta didik untuk menciptakan pengalaman belajar yang aktif dan bermakna. Secara historis, pengukuran kecerdasan di Indonesia cenderung terfokus pada kecerdasan intelektual melalui Intelligence Quotient (IQ) yang cenderung pada kecerdasan linguistik dan logis matematis, sehingga mengabaikan potensi kecerdasan lain. Padahal, Howard Gardner melalui teori Multiple Intelligences (MI) menyatakan bahwa kecerdasan manusia bersifat majemuk, terdiri dari sembilan jenis yang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan perspektif yang lebih luas dalam memahami keberagaman kecerdasan setiap individu. Implementasi pembelajaran proyek video edukatif berbasis tes Multiple Intelligence pada mata pelajaran PAI, dinilai penting karena dapat menyesuaikan model pembelajaran dengan kekuatan beragam siswa, meningkatkan keterlibatan, pemahaman, serta mendorong lingkungan belajar yang lebih inklusif. Penelitian ini merumuskan dua masalah utama: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran proyek video edukatif berbasis multiple intelligence pada mata pelajaran PAI di SMK Thibbil Qulub Assimbani? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dan solusi yang diberikan dalam implementasi tersebut?. Sejalan dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran proyek video edukatif berbasis tes multiple intelligence pada mata pelajaran PAI di SMK Thibbil Qulub Assimbani, serta menganalisis kendala dan solusi yang muncul selama proses implementasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan field reserach. Lokasi penelitian di SMK Thibbil Qulub Assimabani. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu kondensasi data, display data, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memanfaatkan hasil tes multiple intelligence untuk mengetahui kecerdasan dominan siswa, yang selanjutnya digunakan sebagai dasar dalam perencanaan proyek pembelajaran berupa pembuatan video edukatif dengan tema yang disesuaikan dengan pembelajaran. Setiap siswa memperoleh peran sesuai kecerdasan masing-masing. Kendala yang muncul meliputi keterbatasan perangkat dan jaringan saat pelaksanaan tes, rendahnya dominasi jenis kecerdasan tertentu, serta kesulitan menentukan peran bagi siswa dengan kecerdasan dominan seimbang. Solusi yang diterapkan antara lain pembagian sesi tes, pemanfaatan jaringan pribadi, penggunaan musik bebas hak cipta, dan pendekatan fleksibel dalam pembagian peran. Keseluruhan proses menunjukkan bahwa penerapan tes Multiple Intelligence dalam pembelajaran proyek dapat meningkatkan partisipasi siswa, menyesuaikan pendekatan pembelajaran dengan potensi mereka, dan memperkuat pemahaman nilai-nilai keislaman secara kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Proyek, Multiple Intelligence, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:14
Last Modified: 21 Jul 2025 09:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15260

Actions (login required)

View Item View Item