Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Dalam Menanamkan Penerimaan Diri Penyandang Disabilitas Mental di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental (RPSDM) Banjarsari Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan

Nisak, Syafa’atun (2025) Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Dalam Menanamkan Penerimaan Diri Penyandang Disabilitas Mental di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental (RPSDM) Banjarsari Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3518091_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3518091_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3518091_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nisak,Syafa’atun. 2025. Bimbingan Kelompok berbasis Islam dalam Menanamkan Penerimaan Diri Penyandang Disabilitas Mental di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental (RPSDM) Banjarsari Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Skripsi S1 Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Ryan Marina, M.Pd. Penerima manfaat di Rumah Pelayanan Disabilitas Mental Banjarsari sulit menerima keadaan dan kenyataan yang mereka alami hingga mereka memiliki kesulitan dalam hal kesadaran dan penerimaan diri terhadap kondisi kejiwaan yang dialami. Untuk mengembangkan penerimaan diri penerima manfaat, panti ini memberikan layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam dalam menanamkan penerimaan diri penyandang disabilitas mental di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental?, 2) bagaimana penerimaan diri penyandang disabilitas mental di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam dalam menanamkan penerimaan diri penyandang disabilitas mental di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental, 2) untuk mengetahui kondisi penerimaan diri penyandang disabilitas mental di Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Koordinator Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental, pekerja sosial, serta penerima manfaat. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam di rumah pelayanan sosial penyandang disabilitas mental memiliki 3 tahapan yaitu tahap persiapan/perencanaan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Pada tahap kegiatan ini terdapat nilai-nilai Islam antara lain, tadabbur, tafakkur melalui rukun iman, dan menerapkan rukun Islam. 2) Penerimaan diri penyandang disabilitas mental di rumah pelayanan sosial disabilitas mental antara sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan bimbingan mengalami perkembangan pada indikator penerimaan diri yaitu menghargai diri sendiri dengan menjaga kebersihan diri, tetap fokus mengikuti kegiatan yang sedang dilaksanakan tanpa terpengaruh penerima manfaat lain yang tidak mengikuti kegiatan, mengetahui keterbatasan diri namun tidak menghalangi usahanya untuk berkembang, menyadari potensi yang dimiliki dan mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan potensi diri tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMarina, RyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Penerimaan Diri, Disabilitas Mental
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:27
Last Modified: 21 Jul 2025 07:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item