Janah, Khulatul (2025) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Dalam Mengambangkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Tunarungu Di SLB PRI Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3521055_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3521055_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Interaksi sosial siswa tunarungu sering kali terhambat oleh berbagai tantangan yang mereka hadapi dalam menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar, memulai komunikasi dan memulai kontak sosial. Dalam upaya untuk mengembangkan kemampuan interaksi sosial mereka, salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah bimbingan kelompok berbasis Islam. Di SLB PRI Kota Pekalongan, bimbingan kelompok berbasis Islam menjadi salah satu cara untuk membantu siswa tunarungu mengatasi keterbatasan dalam berinteraksi sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan interaksi sosial siswa tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan? (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam dalam mengembangkan kemampuan interaksi sosial siswa tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru pembimbing dan siswa tunarungu, serta dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial siswa tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan belom berjalan dengan baik. Tetapi setelah pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam berkontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa tunarungu di SLB PRI Kota Pekalongan, baik dalam aspek kontak sosial maupun komunikasi. Proses bimbingan kelompok berbasis Islam berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada di teori meliputi tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok Berbasis Islam, Interaksi Sosial Siswa Tunarungu | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:19 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |