Bimbingan Islami Dengan Kegiatan Rutinan Membaca Asmaul Husna Untuk Membentuk Konsentrasi Belajar Siswa Mts N 2 Pekalongan

Divanov, Rizky Azilia (2025) Bimbingan Islami Dengan Kegiatan Rutinan Membaca Asmaul Husna Untuk Membentuk Konsentrasi Belajar Siswa Mts N 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521087_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3521087_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3521087_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Divanov, Rizky Azilia. 2025. “Bimbingan Islami Dengan Kegiatan Rutinan Membaca Asmaul Husna Untuk Membentuk Konsentrasi Belajar Siswa MTs N 2 Pekalongan”. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Ambar Hermawan, M.S.I Kata Kunci: Bimbingan Islami, Rutinan, Konsentrasi belajar. Konsentrasi merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu dalam melakukan segala aktivitas, fenomena tersebut terutama dialami oleh siswa dalam aktivitas belajarnya. Konsentrasi belajar mempengaruhi bagaimana siswa mencapai prestasi akademik maupun non-akademiknya di sekolah. Seperti yang dialami oleh siswa kelas VII MTs N 2 Pekalongan, kurangnya fokus selama proses belajar membuat mereka sulit untuk dapat memahami pelajaran yang telah diberikan oleh bapak atau ibu guru. Penyebab dari kurangnya konsentrasi tersebut yaitu kegelisahan, perasaan tidak tenang, juga karena lingkungan yang kurang nyaman maupun ada suatu ketegangan yang membuatnya sulit untuk memusatkan fokus pada saat belajar. Maka dari itu untuk mencapai ketenangan hati dan menghindari kegelisahan siswa selama proses belajar, sekolah memberikan bimbingan Islami berupa doa Asmaul Husna yang dilakukan dipagi hari sebelum pelajaran dimulai. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan Islami dengan kegiatan rutinan membaca Asmaul Husna di MTs N 2 Pekalongan dan bagaimana kondisi konsentrasi belajar siswa setelah diberikan bimbingan Islami di MTs N 2 Pekalongan. Sedangkan tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan islami dengan kegiatan rutinan membaca Asmaul Husna di MTs N 2 Pekalongan dan untuk mengetahui bagaimana kondisi konsentrasi belajar siswa setelah diberikan bimbingan islami di MTs N 2 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa yang telah mengikuti pembiasaan atau rutinan membaca Asmaul Husna memiliki perubahan yang lebih baik, dibandingkan sebelum diberikan bimbingan Islami berupa pembiasaan doa tersebut. Pembacaan Asmaul Husna yang rutin dilakukan memberikan dampak positif yang dapat membangun konsentrasi belajar siswa. Selain itu siswa menjadi lebih religius, disiplin, serta berakhlak mulia. Hal ini dibuktikan dengan perilaku sehari-hari siswa disekolah dan kondisi siswa pada saat pembelajaran memperhatikan guru yang sedang mengajar dengan tertib.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHermawan, AmbarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Rutinan, Konsentrasi belajar.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:13
Last Modified: 21 Jul 2025 04:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15286

Actions (login required)

View Item View Item