ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM PELAFALAN FONEM TEKS BAHASA ARAB PADA SANTRI ASRAMA AN-NUR BOJONG PEKALONGAN (ANALISIS FONETIK)

Ramdhaniah, Nur 'Aini (2025) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM PELAFALAN FONEM TEKS BAHASA ARAB PADA SANTRI ASRAMA AN-NUR BOJONG PEKALONGAN (ANALISIS FONETIK). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221015_Cover, Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221015_Fulltext.docx

Download (0B)
[img] Text
2221015_Lampiran.pdf

Download (623kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Setiap bahasa memiliki struktur suku kata dan sistem bunyi yang khas, termasuk bahasa Arab yang dikenal dengan kompleksitas fonetik dan morfologisnya.. Indonesia sebagai negara multikultural memiliki keragaman suku, budaya, dan bahasa daerah yang luas. Kekayaan linguistik ini, di sisi lain, juga menimbulkan tantangan tersendiri dalam penguasaan bahasa asing, seperti bahasa Arab. Banyak kesalahan dalam pelafalan terjadi akibat perbedaan aksen daerah seperti yang terjadi di Asrama An-Nur Bojong Pekalongan. Oleh karena itu, penting untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan kesalahan berbahasa. Hal ini dapat dicapai dengan menganalisis kesalahan tersebut untuk menemukan solusi yang dapat diterapkan oleh santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana bentuk kesalahan fonetik yang terjadi dalam mahārah kalām saat melafalkan teks Bahasa Arab yang berkenaan dengan aksen pada Santri Asrama An-Nur Bojong Pekalongan, 2) apa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan pelafalan fonem teks Bahasa Arab yang berkenaan dengan aksen pada Santri Asrama An-Nur Bojong Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam melafalkan teks bahasa Arab yang berkenaan dengan aksen pada saat pembelajaran bahasa Arab santri Asrama An-Nur Bojong, (2) untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesalahan fonologi dalam melafalkan teks bahasa Arab yang berkenaan dengan aksen pada saat pembelajaran bahasa Arab santri Asrama An-Nur Bojong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, rekaman, dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari 10 santri yang telah mengikuti pembelajaran bahasa Arab selama minimal satu tahun. Analisis data dilakukan dengan mencocokkan pelafalan santri dengan standar fonetik bahasa Arab, kemudian mengkategorikan jenis-jenis kesalahan berdasarkan klasifikasi fonetik. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pelafalan yang paling dominan terjadi pada fonem yang tidak terdapat dalam bahasa ibu santri, seperti fonem /ʕ/, /ħ/, dan /ṣ/. Faktor penyebab utama kesalahan meliputi interferensi bahasa ibu (bahasa Jawa dan Sunda), kurangnya pembiasaan mendengar pelafalan asli, fonem dalam bahasa Arab yang tidak memiliki padanan dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab memiliki huruf-huruf yang bentuk dan pelafalannya hampir serupa satu sama lain serta keterbatasan penguasaan tempat dan cara artikulasi fonem bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, Abdul19720105 200003 1 002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Berbahasa, Pelafalan Fonem, Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:17
Last Modified: 21 Jul 2025 08:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15318

Actions (login required)

View Item View Item