Putri, Ananda (2025) PENERAPAN PEMBIASAAN TADARUS PAGI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF NU SRAGI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121082_BAB I & V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121082_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121082_Lampiran_via.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kabupaten Pekalongan dikenal sebagai Kota Santri yang memiliki banyak lembaga pendidikan berbasis Islam, salah satunya MTs Ma’arif NU Sragi. Madrasah ini rutin melaksanakan kegiatan keagamaan, termasuk pembiasaan tadarus pagi yang bertujuan mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemukan berbagai kendala, seperti ketidaktepatan pelafalan huruf hijaiyah, kesulitan membedakan bunyi huruf yang mirip, serta kurangnya penerapan tajwid. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya penerapan pembiasaan tadarus pagi dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU Sragi Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan kegiatan keagamaan yang lebih efektif dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an siswa. Rumusan masalah: Bagaimana pelaksanaan pembiasaan tadarus pagi pada siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU Sragi ?, Bagaimana implikasi dari upaya pelaksanaan pembiasaan tadarus pagi dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU Sragi ?, Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam upaya pelaksanaan pembiasaan tadarus pagi dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU Sragi ?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan penelitian deksriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: Kondensasi data, Penyajian data, dan Menarik kesimpulan atau Verifiksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan tadarus pagi yang diterapkan di MTs Ma’arif NU Sragi sudah baik dan sangat cocok, karena berdasarkan hasil penelitian di lapangan, baik melalui tahap wawancara, observasi maupun dokumentasi mengenai pelaksanaan pembiasaan tadarus pagi dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII yakni dilakukan rutin setiap hari, dan dilakukan di ruang kelas masing-masing secara bersama-sama, dimulai setelah bel masuk berbunyi, serta diawasi oleh guru mata pelajaran jam pertama. Adapun penerapan tadarus pagi ini memiliki implikasi positif bagi siswa kelas VIII, dimana siswa dalam membaca Al-Qur’annya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal ini juga didukung dengan adanya mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Kemudian dalam penerapan tadarus pagi terdapat tiga faktor pendukung yaitu minat dan semangat siswa, adanya sarana dan prasarana yang memadai, dan keterlibatan guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pengawasan dari guru saat pelaksanaan tadarus pagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tadarus Pagi, Membaca Al-Qur’an, Siswa Kelas VIII | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:07 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |