Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Fikih Dalam Menciptakan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Di MTs Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan

Khasanah, Novi Asmaul (2025) Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Fikih Dalam Menciptakan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Di MTs Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121036_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121036_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121036_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kompetensi pedagogik penting bagi pendidik untuk merancang pembelajaran yang efektif, mencakup perencanaan, implementasi, dan evaluasi hasil belajar peserta didik, terutama dalam pembelajaran fikih. Meskipun sebagian guru di MTs mampu melaksanakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, masih terdapat siswa yang kurang tertarik untuk belajar. Pendidik perlu terus meningkatkan kompetensi pedagogik mereka agar dapat memahami karakteristik peserta didik, menerapkan teori belajar yang tepat, mengembangkan kurikulum, menyusun pembelajaran yang mendidik, berkomunikasi dengan empati, serta melakukan penilaian dan evaluasi yang efektif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fikih dalam menciptakan PAIKEM dan faktor yang mempengaruhinya. Tujuan dari kompetensi pedagogik guru fikih untuk menciptakan PAIKEM ini untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran fikih dalam menciptakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan di MTs Al-Utsmani Kajen dan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kompetensi guru mata pelajaran fikih dalam menciptakan PAIKEM di MTs Al-Utsmani Kajen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan secara mendalam kompetensi pedagogik guru fikih di MTs Al-Utsmani Kajen. Data dikumpulkan melalui obervasi partisipatif terhadap proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, serta analisis dokumen terkait. Teknik triangulasi digunakan untuk meningkatkan keabsahan data. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru fikih di MTs Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan telah memenuhi standar yang diharapkan. Guru-guru mampu merancang pembelajaran yang relevan, melaksanakan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, serta melakukan evaluasi yang komprehensif. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh pengalaman mengajar yang memadai dan kesamaan latar belakang sebagai santri. Untuk mengoptimalkan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, perlu diperhatikan faktor internal seperti motivasi dan latar belakang pendidikan, serta faktor eksternal seperti dukungan dari kepala sekolah dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDPrayogi, ardityaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Fikih, PAIKEM.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:14
Last Modified: 21 Jul 2025 08:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item View Item