Rosada, Amrina (2025) PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH TERHADAP TABUNGAN KOPERASI Di KSPPS BMT NURUSSA’ADAH PEKALONGAN (Studi Kasus Di KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
1221077_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
1221077_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
1221077_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
Abstract
Amrina Rosada (1221077), 2025, Perlindungan Hukum Nasabah Terhadap Tabungan Koperasi Di KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan (Studi Kasus Di KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan) Dosen Pembimbing: Iwan Zaenul Fuad, S.H., M.H. BMT terlahir dari kelompok kemasyarakatan yang terjun di sektor ekonomi rakyat guna mendorong usaha-usaha produktif dan investasi yang berbasis bagi hasil. Perkembangan BMT merata di seluruh Indonesia salah satunya KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan. Kehadiran KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan bertujuan memberdayakan masyarakat secara kebersamaan melalui kegiatan simpanan dan pembiayaan yang berdampak untuk peningkatan kualitas ekonomi. Sebagai lembaga keuangan berkewajiban memberikan perlindungan hukum kepada para konsumen sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam penyelenggaraan lembaga keuangan. Namun, KSPPS BMT Nurussa’adah gagal memberikan perlindugan konsumen terhadap dana tabungan nasabah sehingga terjadi gagal cair. Penelitian ini bertujuan mengkaji perlindungan hukum nasabah terhadap tabungan koperasi dan faktor yang melatarbelakangi pentingnya perlindungan konsumen di KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan serta menganalisis alternatif pemenuhan hak-hak nasabah apabila penyelesaian sengketa dilakukan secara litigasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif empiris yang bertujuan memahami penerapan hukum yang dijalankan pada masyarakat secara langsung, khusunya nasabah KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai implementasi undang-undang perlindungan konsumen kepada nasabah dan memperoleh pemahaman kasus yang terjadi di KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan. Menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan sekunder. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode preskriptif analitis. Penelitian ini berusaha memberikan preskripsi penyelesaian sengketa yang berkaitan dengan perlindungan konsumen kepada nasabah terhadap tabungan koperasi yang gagal cair berdasarkan undang-undang yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KSPPS BMT Nurussa’adah Pekalongan belum bisa memberikan perlindungan konsumen meskipun berlegalitas sebagai lembaga keuangan berbadan hukum koperasi. Penyebabnya karena adanya masalah internal berupa penyelewengan dana. Penyelewengan terjadi karena beberapa faktor yaitu; tidak adanya Lembaga Penjamin Simpanan, tidak adanya izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan, dan lemahnya pengawasan dari Dinas Koperasi Kabupaten Pekalongan. Penyelesaian sengketa untuk memenuhi hak-hak nasabah yang dilakukan secara mediasi tidak berhasil sedangkan penyelesaian secara litigasi sebagai alternatif utama hanya berhasil sebagian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | BMT, Nasabah, Perlindungan Konsumen | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Fasya | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:14 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |