Efektivitas Penerapan Metode Jarimatika Melalui Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian Di Sd Negeri 01 Legokkalong

Gina, Dewi Anjani (2025) Efektivitas Penerapan Metode Jarimatika Melalui Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian Di Sd Negeri 01 Legokkalong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
COVER BAB1 DAN BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Full Text (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Anjani, Gina Dewi. 2025. “Efektivitas Penerapan Metode Jarimatika Melalui Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian Di Sd Negeri 01 Legokkalong”. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Nalim, S.Si., M.Si. Kata Kunci : Metode Jarimatika, Problem Based Learning, Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian Masih rendahnya kemampuan berhitung perkalian siswa sekolah dasar, khususnya di SD Negeri 01 Legokkalong. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesulitan siswa dalam menghafal perkalian, kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang menarik, serta minimnya media dan alat bantu pembelajaran. Metode pembelajaran konvensional dianggap belum efektif untuk membantu siswa memahami konsep perkalian. Peneliti menggabungkan metode Jarimatika, yaitu teknik berhitung menggunakan jari-jari tangan, dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang menekankan pada penyelesaian masalah nyata. Kombinasi ini diyakini mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa karena lebih menyenangkan, konkret, dan memudahkan pemahaman konsep perkalian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana efektivitas penerapan metode jarimatika melalui Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas III SD Negeri 01 Legokkalong pada materi operasi hitung perkalian?. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen sejati (true experimental method) merupakan penelitian percobaan sungguhan yang dilakukan untuk mengetahui apakah suatu metode benar-benar berpengaruh atau efektif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dan sampel penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Negeri 01 Legokkalong, yang terdiri dari dua kelas: III A dan III B, berjumlah 53 siswa. Kelas III A (26 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan Kelas III B (27 siswa) sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan tes, dokumentasi untuk mendapatkan data identitas siswa lalu tes untuk mengukur kemampuan berhitung (pretest dan posttest). Teknik uji menggunakan SPSS 25.0, dengan tahapan awal ada uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata- rata, uji-t untuk hipotesis dan terakhir Perhitungan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Jarimatika melalui Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Rata-rata nilai posttest siswa yang diajar dengan metode Jarimatika lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode konvensional (tanpa Jarimatika dan PBL). Perhitungan N-Gain score (selisih peningkatan kemampuan berhitung) siswa di kelas eksperimen termasuk dalam kategori “sedang hingga tinggi”, artinya ada peningkatan yang signifikan. Dapat dilihat dari kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest yaitu 52,12 dan nilai rata-rata posttest xiii yaitu 83,08. Sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest yaitu 50,37 dan nilai rata-rata posttest yaitu 67,96. Berdasarkan hasil uji statistik (uji-t) menyatakan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga penerapan model pembelajaran Jarimatika efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung operasi perkalian siswa kelas III di SD Negeri 01 Legokkalong. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar peneliti dapat mengembangkan penelitian ini pada materi matematika lainnya, seperti pembagian atau pecahan, serta menerapkannya pada jenjang kelas yang berbeda untuk melihat konsistensi efektivitas metode Jarimatika. Selain itu, penelitian juga dapat mencoba menggabungkan metode Jarimatika dengan model pembelajaran lain di luar Problem Based Learning, sehingga diperoleh variasi pendekatan yang mungkin lebih optimal dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Jarimatika, Problem Based Learning, Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 10:10
Last Modified: 21 Jul 2025 10:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15410

Actions (login required)

View Item View Item