Ariziyah, Khaida (2025) Persepsi Masyarakat Terhadap Nilai – Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Barzanji Di Desa Curug Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2118223_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2118223_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2118223_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Persepsi Masyarakat Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Barzanji Di Desa Curug Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Nilai pendidikan Islam merupakan sifat-sifat atau hal-hal yang melekat pada pendidikan Islam yang digunakan sebagai dasar manusia untuk mencapai tujuan hidup manusia yang mengabdi kepada Allah Swt. dalam tradisi barzanji terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yaitu; nilai keimanan dan nilai insaniyah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, bagaimana nilainilai pendidikan Islam dalam tradisi barzanji di Desa Curug Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, serta bagaimana persepsi masyarakat terhadap nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi barzanji di Desa Curug Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam tradisi barzanji di Desa Curug sudah terealisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam tradisi barzanji mempunyai 2 xii nilai pendidikan Islam, pertama nilai keimanan yaitu nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak, kedua nilai insaniyah, yaitu nilai etika, nilai sosial, dan nilai estetika. Adapun persepsi masyarakat terhadap nilainilai pendidikan Islam dalam tradisi barzanji, menunjukkan bahwa masyarakat Desa Curug memiliki pandangan yang positif terkait dengan kegiatan tradisi barzanji di Desa Curug. Selain kegiatan tradisi barzanji adalah kegiatan yang positif, juga terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diterapkan langsung oleh masyarakat Desa Curug
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Islam, Persepsi, Tradisi Barzanji | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:09 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |