Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Perspektif Islam Untuk Meningkatkan Brand Awareness Production House "Sarana Industri Creative"

Darmawan, Viki (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Perspektif Islam Untuk Meningkatkan Brand Awareness Production House "Sarana Industri Creative". Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419061_Cover_Bab I & Bab v.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3419061_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
3419061_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat suatu merek sebagai bagian dari suatu produk. Singkatnya, konsumen mampu mengenali suatu merek dengan mudah tanpa harus memikirkan secara detail produk yang dimaksud. Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui bagaimana sterategi komunikasi pemasaran yang diterapkan dan mengenai komunikasi pemasaran dalam perspektif Islam yang dilakukan Production House Sarana Industri Creative. Menurut Middleton, strategi komunikasi adalah kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, media, penerima sampai pada pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal. Artinya, diterapkannya strategi komunikasi bagi Sarana Industri Creative yaitu agar terwujudnya tujuan yang ingin dicapai. Komunikasi yang digunakan berkaitan dengan kegiatan ini adalah komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi lapangan, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Production House Sarana Industri Creative meningkatkan brand awareness dengan strategi komunikasi pemasaran yang menggabungkan bauran pemasaran 7P dan nilai-nilai Islam. Penerapan nilai Islam tercermin dalam karakteristik pemasaran (ketuhanan, akhlak, realistis, humanistis) dan etika bisnis (produk halal, bermanfaat, bernilai ekonomi dan sosial, serta memuaskan konsumen). Kombinasi ini, didukung kualitas produk yang baik, menjadi kunci keberhasilan strategi pemasaran mereka. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau solusi untuk perusahaan di bidang percetakan dan design khusunya mengenai strategi komunikasi pemasaran dalam perspektif islam untuk meningkatkan brand awareness production house.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, M. RikzamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Brand Awareness, Strategi Komunikasi, Pemasaran, Production House Sarana Industri Creative, Perspektif Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:13
Last Modified: 22 Jul 2025 06:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15450

Actions (login required)

View Item View Item