Lestari, Safira Ayu (2025) Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Permainan Papan Gembira Edukatif Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Pangkah Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2418042_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2418042_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2418042_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia dini melalui penerapan media permainan papan gembira edukatif. Penelitian dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Pangkah, Kabupaten Pekalongan, dengan subjek 20 anak kelompok A. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus, masing-masing dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi pada pra siklus menunjukkan Dari 20 anak yang diamati, hanya 6,67% berada dalam kategori “sangat baik” dan 13,33% dalam kategori “baik”, sementara sisanya berada dalam kategori “cukup” dan “kurang”.Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, terjadi peningkatan di mana 40% anak mencapai kategori kepercayaan diri “tinggi”, 35% berada pada kategori “sedang”, dan 25% masih dalam kategori “rendah”. Meskipun belum mencapai indikator keberhasilan (≥75% anak dalam kategori tinggi), data ini menunjukkan bahwa media permainan mulai membangun keberanian anak untuk tampil, walaupun sebagian masih ragu-ragu. Pada Siklus II, setelah dilakukan perbaikan strategi berupa modifikasi tantangan, penerapan kelompok kecil, dan peningkatan aktivitas interaktif, hasil menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Seluruh anak (100%) berhasil mencapai kategori “tinggi” dalam kepercayaan diri. Anak-anak mulai tampil secara sukarela, menunjukkan ekspresi wajah yang ceria, serta aktif dalam berinteraksi dengan guru maupun teman sebaya. Dengan demikian, penggunaan media permainan papan gembira edukatif dapat dijadikan strategi alternatif dalam meningkatkan kepercayaan diri anak usia dini, serta direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran PAUD
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, permainan papan edukatif, pembelajaran PAUD | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:32 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |