Haprilia, Kartika (2025) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Islam Nusantara Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3518111_Bab I dan Bab V. pdf.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
3518111_Full Text. pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
3518111_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
Abstract
Mengembangkan kemandirian belajar sangat penting bagi siswa untuk menciptakan pribadi yang tangguh, adaptif, dan siap menghadapi dunia nyata.Siswa harus memiliki kemandirian belajar karena kemampuan ini sangat penting untuk menunjang kesuksesan belajar, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Kemandirian belajar membuat siswa tidak bergantung sepenuhnya pada guru, melainkan mampu mengelola proses belajarnya sendiri, seperti merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan belajar. Siswa yang mandiri akan lebih siap menghadapi perubahan karena terbiasa mencari, mengolah, dan menggunakan informasi secara aktif. Kemandirian juga membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan mengambil keputusan dalam belajar, sehingga siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan kritis. Namun tidak semua siswa memiliki sikap kemandirian belajar yang baik, oleh karena itu diperlukan suatu program bimbingan konseling disekolah. Bimbingan kelompok membantu siswa menyadari tanggung jawab pribadi dalam proses belajar dan memberi mereka dorongan motivasi intrinsik untuk mengatur dan mengarahkan belajar sesuai dengan tujuan mereka sendiri. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan dua rumusan masalah yang akan dibahas diantaranya bagaimana kemandirian belajar siswa di SMK Islam Nusantara Comal, dan bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral untuk mengembangkan kemandirian belajar siswa di SMK Islam Nusantara Comal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa di SMK Islam Nusantara Comal dan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral untuk mengembangkan kemandirian belajar siswa yang ada di SMK Islam Nusantara Comal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan secara langsung dari sumber data utama atau responden berupa guru BK dan 8 siswa kelas X dan data sekunder melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral dapat mengembangkan kemandirian belajar siswa. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan sikap yang ditampilkan oleh siswa akan kesadaran dan tanggungjawabnya ketika disekolah Bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral dilakukan dengan empat tahapan diantaranya: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap penutup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Pendekatan Behavioral, Kemandirian Belajar Siswa. | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:04 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |