Peran guru dalam menanamkan akhlak siswa di Madrasah Diniyah Awwaliyah Salafiyah Wangkelang Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang

Arif, Ibnu Rifki (2025) Peran guru dalam menanamkan akhlak siswa di Madrasah Diniyah Awwaliyah Salafiyah Wangkelang Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121292_Bab 1 dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121292_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121292_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penanaman akhlak merupakan aspek penting dalam pendidikan Islam, khususnya dalam menghadapi tantangan moral generasi muda akibat arus globalisasi, media sosial, dan lemahnya kontrol lingkungan. Dalam konteks ini, guru memiliki peran sentral sebagai sosok yang tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai pendidik nilai, teladan perilaku, serta pembimbing spiritual siswa. Madrasah Diniyah Awwaliyah Salafiyah Wangkelang Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, menjadi fokus penelitian karena perannya sebagai lembaga pendidikan nonformal yang menanamkan nilai-nilai keislaman dan Pendidikan akhlak sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana peran guru dalam menanamkan akhlak kepada siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang utuh mengenai pelaksanaan pendidikan akhlak di lingkungan madrasah diniyah, terutama dalam konteks lokal yang memiliki tantangan tersendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, dan siswa, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Proses analisis dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan akhlak dilakukan melalui strategi keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, dan penguatan perilaku positif. Faktor pendukung meliputi lingkungan belajar yang religius dan dukungan masyarakat sekitar, sedangkan hambatan utamanya adalah keterbatasan fasilitas, pengaruh negatif media, serta minimnya pelatihan guru dalam pendidikan karakter. Dengan demikian, sinergi antara peran aktif guru dan lingkungan madrasah menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran guru, pendidikan akhlak, madrasah diniyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghois Almuwafaq
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:27
Last Modified: 22 Jul 2025 06:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item