Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Di MTs Tholabuddin Masin Kelas VII

Khaqimah, Lisnur (2025) Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Di MTs Tholabuddin Masin Kelas VII. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619037_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2619037_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2619037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hasil wawancara dengan guru matematika di MTs Tholabuddin Masin menunjukan hasil bahwa nilai mata pelajaran matematika masih rendah dan banyak yang belum mencapai KKM. Sebagian siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang membosankan dan rumit. Selain itu, sistem pembelajaran yang masih menjadikan guru sebagai titik pusat dalam kegiatan belajar mengajar menjadikan siswa cenderung pasif. Berbagai perilaku siswa tersebut kemungkinan besar muncul akibat kurangnya minat mereka terhadap mata pelajaran matematika di MTs Tholabuddin Masin. Tingkat minat belajar yang rendah ini turut memengaruhi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini: 1) bagaimana minat belajar siswa di MTs Tholabuddin Masin kelas VII, 2) bagaimana tingkat pemahaman konsep matematis di MTs Tholabuddin Masin kelas VII, dan 3) bagaimana pengaruh minat belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematis di MTs Tholabuddin Masin kelas VII. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan minat belajar siswa di MTs Tholabuddin Masin kelas VII, 2) untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematis di MTs Tholabuddin Masin kelas VII, dan 3) untuk menganalisis pengaruh minat belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematis di MTs Tholabuddin Masin kelas VII. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 47 siswa, dan keseluruhan populasi dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur minat belajar dan tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data meliputi: uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R^2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa tergolong dalam kategori sedang dengan rata-rata skor 56,38, sementara tingkat pemahaman konsep matematis berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 78,06. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap pemahaman konsep matematis, dengan persamaan regresi Y = 50,385 + 0,491X dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,489 mengindikasikan bahwa minat belajar memberikan kontribusi sebesar 48,9% terhadap pemahaman konsep matematis siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Temuan ini menegaskan pentingnya upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa untuk menunjang pemahaman konsep secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, pemahaman konsep matematis, regresi linier sederhana.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:21
Last Modified: 22 Jul 2025 06:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item