Abdillah, Wildan (2025) Analisis Strategi Komunikasi Visual Desain Grafis Pada Akun Instagram “NU Online” Dalam Menemukan Makna Dakwah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3418113_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3418113_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
3418113_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Di era perkembangan digital saat ini, media sosial menjadi sarana penting dalam penyebaran informasi dan juga dakwah. Instagram sebagai salah satu platform yang cukup populer, menawarkan potensi besar untuk menyebarkan pesan agama melalui visual yang menarik. Akun Instagram NU Online, sebagai representasi organisasi Islam terkemuka, menjadi fokus penelitian ini untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi visual desain grafis digunakan dalam menyampaikan makna dakwah secara simbolik dan komunikatif. Visualisasi pesan menjadi kunci dalam menarik perhatian audiens khususnya generasi muda. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana bentuk strategi komunikasi visual yang digunakan akun Instagram NU Online dalam menyampaikan pesan dakwah digital. Kemudian bagaimana makna tanda dalam elemen visual desain grafis akun Instagram NU Online menurut analisis semiotika Ferdinand de Saussure, dan bagaimana relasi antara elemen visual dengan makna dakwah yang ingin disampaikan oleh NU Online melalui Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi komunikasi visual yang digunakan akun Instagram NU Online dalam menyampaikan pesan dakwah digital, dan mengetahui makna tanda dalam elemen visual desain grafis akun Instagram NU Online menurut analisis semiotika Ferdinand de Saussure, serta untuk mengetahui relasi antara elemen visual dengan makna dakwah yang ingin disampaikan oleh NU Online melalui Instagram Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Instagram NU Online berhasil menggabungkan estetika desain grafis dengan pesan dakwah yang sarat akan makna. Visual yang ditampilkan tidak hanya menarik secara estetika, tetapi juga sarat dengan simbol keislaman, budaya Nusantara, dan pesan moral yang disampaikan secara halus dan kontekstual. Strategi komunikasi visual yang diterapkan mampu membentuk pemaknaan yang mendalam bagi pengikutnya, serta memperlihatkan bahwa dakwah dapat dikemas secara modern tanpa kehilangan nilai-nilai tradisional dan religiusitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Visual, Desain Grafis, Semiotika, @nuonline_id | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:36 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |