Penerapan metode gramatika tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab Di MTs Syarif Hidayah Doro Pekalongan

Mardiana, Ina (2018) Penerapan metode gramatika tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab Di MTs Syarif Hidayah Doro Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

MTs Syarif Hidayah Doro merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang menerapkan metode gramatika tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab. Namun, dalam pelaksanaannya masih banyak kendala dan hambatan seperti latar belakang siswa, penyediaan kamus dan lain-lain. Siswa yang berasal dari madrasah akan lebih mudah memahami dan menyerap materi pelajaran. Adapun siswa yang menganggap pelajaran bahasa Arab ini sulit akan merasa malas ketika diberikan tugas untuk menulis dan menerjemahkan, karena mereka takut tidak dapat mengerjakannya. Untuk itu, melalui metode gramatika tarjamah yang di didalamnya terdapat definisi-definisi dan imbuhan jenis kata serta kaidah-kaidah yang harus dihafalkan dalam bahasa Arab akan lebih menyenangkan bagi siswa jika guru mampu membawa suasana pembelajaran yang santai tetapi fokus pada materi. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan antara lain bagaimana proses pembelajaran Bahasa Arab di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan? Dan bagaimana penerapan metode gramatika tarjamah dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan penelitian yang berorientasi pada fenomena-fenomena yang bersifat alami. Metode penelitiannya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan yaitu melibatkan sumber dan materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Penerapan metode gramatika tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan yaitu dengan langkah-langkah antara lain (1) Guru memulai dengan memberikan definisi-definisi jenis kata, imbuhan jenis kata tersebut, dan kaidah-kaidah yang harus dihafalkan dalam bahasa Arab, (2) Guru meminta salah satu siswa membaca salah satu teks dan yang lain mengoreksinya, kemudian menunjuk salah satu siswa untuk menerjemahkan kalimat tersebut, kemudian (3) Guru memberi daftar kosa kata (mufrodat) untuk dihafalkan, dan (4) Guru memberi pekerjaan rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzzuhri, MuhandisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Gramatika, Tarjamah, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sultan Mubarok
Date Deposited: 28 Apr 2020 21:48
Last Modified: 28 Apr 2020 21:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item