Nuridin, Nuridin (2025) Efektivitas Advokasi Merek Dan Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Umkm (Studi Kasus Di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50423005 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
50423005 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
50423005 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
UMKM merupakan pilar utama dalam menyerap angkatan kerja dan menstabilkan ekonomi nasional pada level akar rumput. Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya di Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, memiliki peran penting dalam perekonomian lokal. UMKM merupakan sektor yang memainkan peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, dalam praktiknya, pelaku UMKM kerap menghadapi tantangan dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan, terutama dalam era persaingan yang semakin terbuka dan digital. Kondisi ini menuntut pelaku usaha untuk tidak hanya berfokus pada kualitas produk, tetapi juga pada pendekatan pemasaran yang efektif, terutama dalam membangun loyalitas pelanggan dan memperluas jaringan pasar secara organik, dan bernilai etis. Oleh karena itu, penting untuk menelaah bagaimana penerapan nilai-nilai Islam dalam aktivitas bisnis UMKM dapat memperkuat loyalitas konsumen melalui mekanisme advokasi merek, serta memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan usaha secara berkelanjutan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pertumbuhan usaha yang dijalankan pelaku UMKM di Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang? (2) Bagaimana penerapan nilai-nilai Islam dalam usaha berdampak pada advokasi merek? (3) Bagaimana efektivitas advokasi merek dalam pertumbuhan usaha pada aspek peningkatan penjualan, ekspansi pasar, dan loyalitas pelanggan? Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas advokasi merek dan penerapan nilai-nilai Islam dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus terhadap lima pelaku UMKM yang bergerak di bidang jasa, kuliner, dan produksi lokal dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi pada pelaku usaha UMKM serta pelanggan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, amanah, adil, ihsan, dan tanggung jawab sosial berperan signifikan dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Nilai-nilai ini menjadi fondasi terbentuknya advokasi merek, yang ditandai dengan keterlibatan pelanggan dalam memberikan testimoni, rekomendasi sukarela, serta promosi melalui media sosial. Advokasi merek sangat efektif dalam meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas advokasi merek, nilai-nilai Islam, pertumbuhan UMKM | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:56 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |