Khinanti, Arum Gayuh (2020) Pengaruh diskon, life style dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa febi IAIN Pekalongan pada online shopee. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Dengan semakin berkembanya online shop di indonesia, yang menawarkan fitur-fitur menarik menjadikan masyarakat semakin lebih mudah dalam memenuhi kebutuhannaya. Perlahan-lahan mulai mengubah gaya hidup dan perilaku konsumsi masyarakat. Dalam berbelanja online, seorang muslim harus memperhatikan bagaimana pemanfaatan produk yang dibeli, bukan hanya sebagai pemuas kebutuhan dan keinginan saja. Shopee adalah satu dari banyak pihak yang memanfaatkan peluang bisnis e-commerce dengan segmen mobilemarketplace melalui aplikasi mobile untuk mempermudah transaksi jual beli melalui perangkat ponsel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh diskon, lifestyle, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pada online shopee. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa IAIN Pekalongan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan pengguna aplikasi Shopee. Sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling, dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Diskon tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahsiswa FEBI IAIN Pekalongan pada online shopee dengan nilai signifikan 0,611 > 0,05, (2) lifestyle berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pada online shopee dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (3) literasi ekonomi positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pada online shopee dengan nilai signifikan 0,015<0,05, (4) Diskon, lifestyle, dan literasi ekonomi berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pada online shopee dengan nilai F-hitung 51,745 > F-tabel 2,70. (5) Nilai adjusted R2 sebesar 60,6%, yang berarti diskon, lifestyle dan literasi ekonomi memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pada online shopee, sedangkan sisanya 39,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Diskon, Lifestyle, Literasi Ekonomi, dan Perilaku Konsumtif | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2021 03:02 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jun 2021 03:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1551 |
Actions (login required)
View Item |