Pengaruh Literasi Keuangan Digital Dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Konsumsi Dengan Konformitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Generasi Z di Pekalongan)

Masya, Shohma Mifdah (2025) Pengaruh Literasi Keuangan Digital Dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Konsumsi Dengan Konformitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Generasi Z di Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121127_Cover Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4121127_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4121127_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SHOHMA MIFDAH MASYA. Pengaruh Literasi Keuangan Digital dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Konsumsi dengan Konformitas Sebaga Variabel Moderasi (Studi Pada Generasi Z di Pekalongan) Perilaku konsumtif merujuk pada kebiasaan membeli dan menggunakan produk atau layanan secara ekstrem dan tanpa pemikiran yang mendalam, hanya untuk kepuasan pribadi daripada untuk kebutuhan pokok, seringkali sebagai cara untuk menunjukkan kemewahan dalam gaya hidup. Generasi Z yang tumbuh dengan akses mudah terhadap teknologi seperti smartphone dan internet, mendorong kemudahan akses ke platform e-commerce memicu perilaku konsumtif yang tidak terkontrol, dimana literasi keuangan digital dan perencanaan keuangan diyakini sebagai faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan digital dan perencanaan keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan konformitas sebagai variabel moderasi pada generasi Z di pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel 96 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Metode ini merupakan suatu pendekatan pemilihan sampel yang tidak bersifat acak, di mana sampel dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu guna menentukan jumlah sampel yang akan diteliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Keuangan Digital secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif, Perencanaan Keuangan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif, Konformitas tidak memoderasi pengaruh Literasi Keuangan Digital terhadap Perilaku Konsumtif, Kemudian Konformitas tidak memoderasi pengaruh Perencanaan Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohmah, M.M., Syifa199408222022032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Literasi Keuangan Digital, Perencanaan Keuangan, Konformitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:58
Last Modified: 25 Jul 2025 03:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15514

Actions (login required)

View Item View Item