Retorika Dakwah Dalam Konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab

Nafisa, Zahra (2025) Retorika Dakwah Dalam Konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3421028_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3421028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3421028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi digital yang telah mengubah cara masyarakat dalam mengonsumsi informasi, termasuk dalam ranah dakwah. Media sosial seperti YouTube menjadi perluasan ruang dakwah. Di tengah perkembangan dunia digital, generasi muda harus menghadapi tantangan quarter life crisis. Dalam hal ini, dakwah virtual menjadi sarana potensial untuk menjawab isu tersebut. Quraish Shihab melalui konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab di kanal YouTube Najwa Shihab hadir dengan pendekatan dakwah yang moderat dan rasional. Gaya komunikasinya yang persuasif dan tema yang relevan, konten ini menarik untuk diteliti dari segi isi dan retorikanya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana analisis konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab dan bagaimana retorika dakwah dalam konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab dan untuk mengetahui retorika dakwah dalam konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengkaji satu episode dari program Shihab & Shihab yang berjudul Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis Krippendorff. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab dapat dilihat dari lima aspek quarter life crisis, yaitu kebimbangan dalam pengambilan keputusan, perasaan cemas, merasa tertekan, penilaian diri negatif, dan putus asa. Retorika dalam konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab, meliputi ethos, pathos, dan logos. Kemudian, retorika dilihat dalam konteks dakwah, konten Quarter Life Crisis Ini Kata Abi Quraish Shihab, meliputi bil-ḥikmah, mau’iẓah ḥasanah, dan mujaladah bil-al-lati hiya aḥsan. Temuan ini menunjukkan bahwa dakwah virtual dapat menjadi media yang efektif dalam menanggapi isu psikologis yang dihadapi generasi muda. Pengetahuan mengenai hal ini dapat dimanfaatkan oleh generasi muda yang mengalami quarter life crisis untuk menyikapi isu tersebut dengan bijak dan berlandaskan nilai agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFarmawati, Cintami198608152019032009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Retorika Dakwah, Konten, dan Quarter Life Crisis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:50
Last Modified: 28 Jul 2025 02:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15519

Actions (login required)

View Item View Item