Huda, Khoirul (2025) EKSPLORASI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS 2 SD PLUS AL BURHAN SIMBANG KULON BUARAN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50322018 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
50322018 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
50322018 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan membaca merupakan dasar pembelajaran, termasuk Bahasa Jawa yang sarat nilai budaya. Namun, siswa sering mengalami rendahnya minat dan kesulitan memahami Bahasa Jawa akibat media pembelajaran yang kurang menarik. Media wayang hadir sebagai solusi inovatif karena bersifat visual, interaktif, dan mengandung nilai budaya. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa media ini efektif meningkatkan minat dan pemahaman membaca siswa. Observasi di SD Plus Al Burhan menunjukkan penerapan media wayang dalam pembelajaran Bahasa Jawa kelas 2, namun efektivitasnya perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan mengkaji kontribusi media wayang dalam meningkatkan keterampilan membaca serta pelestarian budaya lokal. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: 1) Bagaimana penggunaan media wayang dalam meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran Bahasa Jawa di kelas 2 SD Plus Al Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan?, dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan media wayang dalam meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran Bahasa Jawa di kelas 2 SD Plus Al Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis implementasi pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dan profil pelajar di SD Plus Al Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan dan menganalisis faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk mengeksplorasi penggunaan media wayang dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 SD Plus Al Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Subjek penelitian meliputi guru kelas 2 A, guru kelas 2 B, dan perwakilan siswa kelas 2, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Plus Al Burhan pada tahun 2025, dengan pengujian keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan kredibilitas hasil. Analisis data mengikuti langkah koleksi data, penyajian, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis untuk menganalisis keberhasilan penggunaan media wayang serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media wayang dalam pembelajaran Bahasa Jawa kelas 2 SD Plus Al Burhan efektif meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan memilih materi cerita rakyat yang sederhana dan menarik, serta memvisualisasikan cerita secara interaktif melalui bermain peran dan diskusi yang meningkatkan minat dan partisipasi siswa. Media wayang membantu mengatasi kesulitan pelafalan dan rasa malu saat membaca keras, memperkuat pemahaman isi bacaan, serta menumbuhkan kecintaan terhadap budaya lokal, dan 2) Faktor pendukung meliputi antusiasme siswa terhadap media visual, suasana belajar yang menyenangkan, dukungan orang tua, dan sikap guru yang sabar serta memotivasi. Namun, kendala seperti kosakata Bahasa Jawa yang kurang familiar, keterbatasan referensi cerita sesuai usia, waktu latihan yang terbatas, serta rasa malu dan kurang percaya diri saat membaca masih menjadi hambatan yang perlu diatasi agar pembelajaran lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Wayang, Media Pembelajaran, Bahasa Jawa, Sekolah Dasar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:42 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |