Subhan, Fajar (2025) Strategi Guru Tahfidz Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Hafalan Al-Qur'an Bagi Peserta Didik MA Al Hikam Kedungwuni Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50223009 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
50223009 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
50223009 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
pembelajaran yang efektif dalam program tahfidz Al-Qur'an untuk mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik, khususnya di MA Al Hikam Kedungwuni Pekalongan. Hafalan Al-Qur'an bukan hanya merupakan aktivitas keagamaan, tetapi juga bagian integral dari pembentukan karakter siswa yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Namun, rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan hafalan menjadi tantangan yang perlu segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Bagaimana strategi yang digunakan oleh guru di MA Al Hikam Kedungwuni Pekalongan dalam mengoptimalkan pembelajaran hafalan Al-Qur'an bagi peserta didik? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan strategi guru dalam mengoptimalkan pembelajaran hafalan Al-Qur’an bagi peserta didik MA Al Hikam Kedungwuni Pekalongan? (3) Bagaimana keberhasilan strategi tersebut dalam mengoptimalkan pembelajaran pada peserta didik dalam hafalan Al-Qur'an? Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah untuk menganalisis strategi pembelajaran yang diterapkan guru, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi strategi tersebut, serta mengevaluasi keberhasilan strategi tersebut dalam mengoptimalkan pembelajaran hafalan Al-Qur’an siswa di MA Al Hikam Kedungwuni. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini meliputi guru tahfidz, siswa, dan kepala madrasah. Teknik analisis data yang digunakan merujuk teori Miles dan Huberman yang melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian data tersebut diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi waktu, metode, dan narasumber. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Guru tahfidz di MA Al Hikam Kedungwuni Pekalongan menerapkan strategi pembelajaran yang terencana, terstruktur, dan kontekstual melalui metode variatif seperti talaqqi, sima’i, tikrar, dan tasmi’ yang disesuaikan dengan karakteristik siswa. Penerapan strategi ini dipengaruhi oleh faktor internal seperti pengalaman guru dan motivasi spiritual, serta faktor eksternal seperti dukungan madrasah, orang tua, dan teman sebaya, meskipun masih menghadapi hambatan teknis dan manajerial. Keberhasilan strategi tampak dari peningkatan partisipasi siswa dalam hafalan, kualitas bacaan, serta motivasi belajar yang tumbuh melalui pendekatan aktif dan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Guru Tahfidz, Hafalan Al-Qur’an | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:28 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |