Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Reflektif Dalam Merealisasikan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Suhirman, Suhirman (2025) Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Reflektif Dalam Merealisasikan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50223028 - Bab I dan Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50223028 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
50223028 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

nia pendidikan terus mengalami perubahan signifikan, baik dari sisi kurikulum, teknologi, tuntutan masyarakat, maupun karakteristik peserta didik. Kondisi ini menuntut kepala sekolah untuk tidak hanya bersikap reaktif, tetapi juga reflektif dalam setiap kebijakan dan tindakan yang diambil. Refleksi mendalam membantu pemimpin menghindari kesalahan yang berulang. Melalui refleksi, kepala sekolah dapat mengevaluasi kinerja diri dan merancang langkah perbaikan. selain itu, Kepemimpinan reflektif dapat mendorong kepala sekolah dalam merealiasikan kompetensi guru PAI. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai pemimpin reflektif di SMP Negeri 2 Kandeman dan SMP Negeri 1 Limpung; 2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam merealisasikan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI); dan 3) Bagaimana tantangan serta upaya kepala sekolah dalam merealisasikan kompetensi guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi, dan tes. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin reflektif berperan aktif melibatkan guru dalam pengambilan keputusan, menempatkan guru sesuai dengan kompetensinya, serta mendorong peningkatan kualitas pembelajaran. Dalam merealisasikan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI, kepala sekolah melakukan kolaborasi dan berbagi praktik baik melalui inovasi pembelajaran kontekstual. Adapun tantangan yang dihadapi disikapi dengan pemberdayaan sumber daya, kerja sama dengan stakeholder, dan pengembangan pelatihan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat praktik kepemimpinan reflektif kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru PAI di satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Muh.196707171999031001UNSPECIFIED
Thesis advisorKholis, Nur197502071999031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Reflektif, Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:01
Last Modified: 21 Aug 2025 08:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item