Wachid., Fadlul (2023) Pengaruh search engine optimization (Seo), media sosial dan penerapan khiyār terhadap keputusan pembelian online pada mahasiswa di kota pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2013216036_Bab1&5.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
2013216036_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text
2013216036_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi di Indonesia sangatlah pesat, hal iniberbanding lurus dengan terus meningkatnya jumlah pengguna internet di tanah air,hadirnya internet mampu membuat peneliti melakukan pertukaran informasi dengan sangat cepat antara satu dengan yang lainnya, adanya internet juga membuat perilaku masyarakat indonesia menjadi berubahkhususnya dalam kegiatan berbelanja. Masyarakat lebih memilih berbelanja online daripada offline.Secara keseluruhan, ada banyak faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen. Keputusan pembelian dari konsumen dipengaruhi oleh berbagai hal yaitu cara promosi produk, bentuk promosi atau pemasaran melalui internet pun beragam bentuknya sesuai dengan tingkat interaksi yang dapat dihasilkannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan atau field research dan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 98 responden yang dihasilkan dari perhitungan menurut Slovin. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simpel random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial SEO dan media sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan khiyar berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan SEO, media sosial dan khiyar berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh Adjusted R Square sebesar 0,591. Hal ini berarti variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel SEO, media sosial dan khiyar sebesar 59,1%, sementara sisanya sebesar 40,9% dijelaskan variabel-variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Search Engine Optimazion, Media Sosial, Khiyar dan Keputusan Pembelian. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |