Karimah, Risma (2022) Analisis Sistem Marketing Syariah pada Marketing Mix Whoops Tea Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
![]() |
Text
4118066_Bab1&5.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
4118066_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
4118066_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sesuai dengan dasar ekonomi Islam, bahwa suatu usaha tidak boleh mementingkan keuntungan bagi dirinya sendiri, sehingga perlu adanya sistem marketing (pemasaran) syariah. Marketing syariah merupakan suatu sistem keseluruhan dari suatu aktivitas bisnis yang digunakan sebagai perencanaan, penentuan harga, promosi, produk, dan pendistribusian jasa atau barang yang memuaskan keinginan, baik itu pada pembeli yang ada atau pembeli potensial, yang mana terjadi kesesuaian akad, tujuan, karakteristik, serta prinsip-prinsip syariah pada keseluruhan prosesnya, begitupun dalam muamalahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Outlet Whoops Tea Kota Pekalongan di Jl. Urip Sumoharjo, No. 125, Medono, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Data primer pada peneltian ini yaitu didapatkan dari hasil observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Data sekunder pada penelitian ini yaitu berupa buku-buku, jurnal, telaah pustaka, website internet, dan penelitian terdahulu. Teknik analisis data menggunakan metode normative kualitatif dengan reduksi data penyajian data penyimpulan data. dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan Outlet Whoops Tea Kota Pekalongan dalam memasarkan produknya telah menerapkan marketing mix (bauran pemasaran) yang memiliki 4 (empat) variabel pokok yaitu produk yang merupakan produk halal serta tidak merugikan orang lain, harga yang ditawarkan oleh produsen merupakan harga yang kompetitif, tempat yang cukup strategis, dan promosi yang sudah bagus. Serta empat (4) karakteristik konsep marketing syariah yaitu rabbāniyah, akhlāqiyyah, al-wāqi’iyyah, al-insāniyyah yang membawa dampak yang baik, yaitu outlet tetap mampu bertahan bahkan tetap berusaha untuk berkembang disuatu apapun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Marketing, Marketing Mix, dan Karakteristik Syariah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:05 | ||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |