Problematika Maharah Al-Kalam Siswa Di MTs Negeri 1 Brebes

Rokhmany, Sa’diana (2019) Problematika Maharah Al-Kalam Siswa Di MTs Negeri 1 Brebes. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Brebes adalah sekolah yang menerapkan mata pelajaran bahasa Arab, dan menjadikan bahasa Arab sebagai mata pelajaran bahasa Asing yang wajib dikuasai oleh siswa, yaitu maharah al-kalam. Yang berfungsi sebagai bahasa agama, ilmu pengetahuan, dan komunikasi. Dalam kenyataannya mengenai pelajaran bahasa Arab banyak menemui problem atau kendala dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada maharah al-kalam, seperti latar belakang pendidikan siswa yang beragam sehingga tingkat penguasaan bahasa Arab juga tidak merata yang berpengaruh pada keberhasilan siswa berbicara bahasa Arab (maharah al-kalam). Dalam mata pelajaran bahasa Arab penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab sangat diperlukan dalam mempelajari bahasa Arab khususnya pada maharah al-kalam. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut, yaitu : (1) Bagaimana problematika maharah al-kalam siswa kelas VII A di MTs Negeri 1 Brebes. (2) Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika maharah al-kalam siswa kelas VII A di MTs Negeri 1 Brebes. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui problematika maharah al-kalam siswa kelas VII A di MTs Negeri 1 Brebes. (2) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi problematika maharah al-kalam siswa kelas VII A di MTs Negeri 1 Brebes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. problematika maharah al-kalam siswa kelas VII A di MTs Negeri 1 Brebes antara lain yaitu problem linguistik, meliputi: problem kosakata (mufrodat), problem mengucapkan (bunyi) Arab, problem qawa’id dan i’rab dan problem tarakib. Sedangkan problem non linguistik, meliputi: motivasi dan minat belajar, sarana belajar, kompetensi guru, metode pembelajaran, waktu yang tersedia, lingkungan berbahasa. 2. Solusi untuk mengatasi problematika tersebut yaitu: masing-masing siswa memiliki kamus bahasa Arab, siswa sering berlatih melafalkan huruf hijaiyyah dari makhroj sesuai dengan petunjuk yang benar, solusinya guru selalu memberikan latihan soal-soal dengan bentuk pola kalimat yang beragam, guru harus selalu mengajarkan pola kalimat baik ismiyyah maupun fi’liyyah dan memberikan bentuk soal latihan supaya siswa rajin mengerjakan, seorang guru harus selalu memotivasi anak didiknya pentingnya menguasai maharah al-kalam, menciptakan suasana yang menyenangkan, seorang guru diharuskan menguasai empat kompetensi, hendaknya guru menggunakan metode yang bervariasi, menambahkan jam pelajaran di luar jadwal sekolah (less), hendaknya dari guru sendiri mempunyai inisiatif untuk menciptakan lingkungan berbahasa khususnya bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzzuhri, MuhandisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Maharah al-Kalam
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sultan Mubarok
Date Deposited: 28 Apr 2020 21:54
Last Modified: 28 Apr 2020 21:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item