Pelaksanaan bimbingan karir islami dalam mengembangkan kemandirian siswa tunadaksa di sekolah luar biasa-PRI Buaran kota Pekalongan

Amalia, Rizki (2020) Pelaksanaan bimbingan karir islami dalam mengembangkan kemandirian siswa tunadaksa di sekolah luar biasa-PRI Buaran kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kemandirian yang ditunjukkan oleh siswa tunadaksa sangatlah beragam. Tergantung pada perkembangan anak. Ada yang sudah mandiri dalam bebera hal dan ada yang belum sama sekali. Kemandirian dapat dipengaruhi oleh pola asuh dan lingkungan sekitar, khususnya lingkungan bekajar atau lingkungan sekolah. Pengajaran berbagai keterampilan merupakan hal yang sangat penting bagi siswa tunadaksa dan siswa berkebutuhan khusus lainnya sebagai bekal masa depannya. Banyak penyandang disabilitas yang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Bahkan ada keluarga yang tidak menerima kehadirannya. Sebagian dari mereka kesulitan dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, pelaksanaan bimbingan karir Islami perlu dilaksanakan untuk mewujudkan siswa tunadaksa yang siap menghadapi karirnya setelah lulus nanti. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksanaan bimbingan karir islami dalam mengembangkan kemandirian siswa tunadaksa di Sekolah Luar Biasa-Pri Buaran Kota Pekalongan? 2)bagaimanakemandiriansiswatunadaksa di sekolahLuarBiasa-PriBuaran Kota Pekalongan? 3).bagaimana faktor pendukung dan penghambat bimbingan karir islami dalam mengembangkan kemandirian siswa tunadaksa di sekolah Luar Biasa-Pri Buaran Kota Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karir islami dalam mengembangkan kemandirian siswa tunadaksa di Sekolah Luar Biasa-Pri Buaran Kota Pekalongan2) untuk mengetahui kemandirian siswa tunadaksa di Sekolah Luar Biasa-Pri Buaran Kota Pekalongan3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bimbingan karir islami dalam mengembangkan kemandirian siswa tunadaksa di Sekolah Luar Biasa-Pri Buaran Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan karir Islami di Slb-Pri Buaran kota Pekalongan dilakukan secara individual dan klasikal. Bimbingan kariri secara individual dilakukan oleh guru bk, sedangkan bimbingan karir klasikal klasikal dilakukan oleh guru keterampilan kepada semua anak berkebutuhan khusus termasuk siswa tunadaksa melalui pemberian latihan kerja atau pemberian keterampilan sesuai bakat dan minat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir Islami, Kemandirian, Siswa Tunadaksa
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:52
Last Modified: 24 Jun 2021 02:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1560

Actions (login required)

View Item View Item