Hartanto, Ginanjar Mukti (2022) Strategi Bisnis Ritel Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Minimarket Waralaba Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Minimarket Jasmine Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan). Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4117365 - Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4117365 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
4117365 - Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi bisnis ritel dalam menghadapi persaingan bisnis minimarket waralaba perspektif ekonomi islam. Usaha ritel dinilai sangat potensial dalam dunia usaha sehingga menimbulkan persaingan yang kompetitif. Persaingan yang menjadi masalah serius bagi usaha kecil adalah maraknya usaha ritel modern terkenal masuk ke pelosok-pelosok dengan pangsa pasar konsumen yang sama dengan usaha kecil. Perkembangan yang sangat cepat usaha ritel waralaba dengan pangsa pasar berkisar 70% tentu menyebabkan dampak bagi usaha ritel lainnya seperti usaha ritel kecil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, tekhnik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik Keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan Minimarket Jasmine dalam mengahadapi persaingan minimarket waralaba yang biasa digunakan dalam bisnis ritel yaitu startegi produk, strategi harga, strategi kuantitas, strategi waktu, strategi tempat, strategi promosi. Dari strategi yang telah dilaksanakan, didapatkan bahwa melakukan strategi tersebut berdampak pada kenaikan omzet penjualan setiap tahunnya. Faktor pendukung berasal dari lokasi minimarket, harga yang tepat, kepercayaan masyarakat, pelayanan, dan kegiatan sosial. Semua faktor tersebut sudah diterapkan dan membawa hasil yang positif bagi usaha ritel yaitu dengan loyalnya konsumen untuk berbelanja. Sedangkan faktor penghambat meliputi: mulai benmunculan pesaing ritel modern yang sudah terkenal di masyarakat dengan jarak yang cukup dekat dengan lokasi usaha ritel dan perekonomian yang sedang lesu akibat naiknya harga komoditi barang yang merata. Strategi Minimarket Jasmine dalam menghadapi persaingan minimarket waralaba sudah sesuai dengan ekonomi islam. Yaitu tidak melanggar normanorma atau hukum islam. Hal ini dibuktikan bahwa produk-produk yang ada di Minimarket Jasmine semuanya halal, barang juga dalam kondisi bagus, takaran produk juga sesuai. Harga yang dipasarkan di Minimarket Jasmine juga sesuai dipasaran. Lokasi Minimarket Jasmine juga berada dilokasi yang tepat. Lokasi Minimarket Jasmine sudah sesuai dengan terget utamanya. Penentuan lokasi ini sudah sesuai dengan etika bisnis Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Ritel, Persaingan, Perspektif Ekonomi Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:37 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |