Aulia, Yuliana (2022) Analisis Perilaku Konsumsi Impulsive Buying Pada Remaja Di Desa Leokclile Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Dalam Belanja Online Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4118164 - Bab1&5.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
4118164 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
4118164 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelian impulsif atau impulsive buying mengacu pada perilaku seseorang dalam melakukan pembelian yang mendadak, tanpa refleksi maupun tanpa berpikir terlebih dahulu, dan secara kinetik. Seseorang yang sangat impulsif sangat mungkin untuk melakukan pembelian impulsif spontan di kemudian hari, sehingga merekan akan terus memiliki daftar belanja yang terbuka. Selain itu, orang yang impulsif sangat responsif terhadap saran pembelian yang tidak direncanakan. Remaja merupakan salah satu lapisan konsumen yang sering melakukan aktivitas konsumsi. Pola pengeluaran remaja yang sangat tinggi, dikarenakan para remaja biasanya senang menjalani tren yang sedang berlangsung. Banyak remaja terutama saat ini yang selalu update dan tidak mau ketinggalan momen di internet atau media sosial. Bagi para remaja, kegiatan konsumsi bukan sekedar untuk mencapai apa yang dibutuhkan, juga untuk kepentingan gaya hidup, sesuai dengan perilaku konsumsi remaja saat ini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku impulsive buying pada remaja di Desa Legokclile Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan termasuk dalam tipe Planned Impulsive. Ditandai dengan pola pembelian spontan, kurang terencana, dan kurang mempertimbangkan resiko. Tingkat impulsifitas pada tipe Planned Impulsive adalah pembelian setengah terencana karena tanpa rencana sebelumnya ketika melihat promosi di online shop. Dampak dari impulsive buying yang dirasakan oleh remaja di Desa Legokclile Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan antara lain: pemborosan yang menimbulkan perilaku konsumtif, produk yang diterima tidak sesuai gambar, serta pembengkakan pengeluaran. Ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, perilaku pembelian remaja Desa Legokclile Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan hanya memenuhi prinsip tauhid, prinsip kerelaan, dan prinsip kebebasan, sedangkan prinsip lainnya seperti prinsip kemanfaan, prinsip keadilan, prinsip kejujuran, prinsip akhlak, dan prinsip sahih tidak dapat terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Impulsive Buying, Belanja Online | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:42 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |