Lestari, Novita Wahyu (2022) Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas Pemasaran, dan Kualitas Pelayanan dalam Islam Terhadap Keunggulan Bersaing di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Durian Di Desa Lemahabang). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
![]() |
Text
4118203_Bab1&5.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
4118203_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text
4118203_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap beberapa sektor, tidak hanya kesehatan saja, akan tetapi sektor ekonomi turut serta merasakan dampaknya. Strategi yang perlu dilakukan pedagang supaya tetap bertahan ditengah persaingan adalah dengan menjaga manajemen pemasaran, kemudian memasarkan produk tersebut dengan menyesuaikan perkembangan zaman, serta memberikan pelayanan maksimal yang sesuai dengan syariah Islam dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan terhadap pelanggan, sehingga persaingan akan mengalami peningkatan. Pedagang mampu melaksanakan kegiatan jual beli sesuai dengan syariah Islam, dengan selalu mengutamakan kepuasan supaya nantinya dapat memperoleh kepercayaan dari pelanggan, sehingga persaingan bisnis akan berjalan lancar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 109 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang mana pengambilan cara ini dapat memberi peluang yang sama untuk dipilih ke dalam sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS statistik 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar, kreativitas pemasaran dan kualitas pelayanan dalam Islam berpengaruh secara simultan terhadap keunggulan bersaing di masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Pasar, Kreativitas Pemasaran, Kualitas Pelayanan Dalam Islam, Keunggulan Bersaing | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:04 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |