Fera, Oktika, (2022) Pengaruh Penataan Produk, Harga, Dan Emosi Positif Terhadap Impulse Buying Pada Toko Retail (Studi Kasus Konsumen Tokomu Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2013116166_Bab1&5.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2013116166_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2013116166_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Impulse buying (pembelian impulsif) sebagai gaya berbelanja yang tidak terencana, banyak dipengaruhi oleh emosi konsumen. Sehingga impulse buying mengenyampingkan factor interaksi sosial secara langsung dalam pengambilan keputusan yang mereka buat. Meskipun umumnya impulse buying terjadi pada kondisi normal, namun ada indikasi impulse buying juga dapat terjadi karena adanya perubahan tekanan hidup. Tekanan hidup tersebut mengakibatkan stress dan mendorong perilaku pembelian yang tidak terencana. Faktor dari impulse buying bisa karena adanya harga yang terjangkau, penataan produk yang bagus, dan emosi postif untuk membeli barang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah penataan produk berpengaruh pada Impulse Buying di Toko Retail Studi Kasus Konsumen TokoMU Pekalongan ? 2) Apakah Harga berpengaruh pada Impulse Buying Toko Retail Studi kasus Konsumen TokoMU Pekalongan? 3) Apakah emosi positif berpengaruh pada Impulse Buying Toko Retail Studi Kasus Konsumen TokoMU Pekalongan? 4) Apakah penataan produk, harga, serta emosi positif secara bersama berpengaruh tehadap Impulse Buying Toko Retail Studi kasus Konsumen TokoMU Pekalongan? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan simple accidental sampling. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai t hitung variabel berpengaruh signifikan terhadap penataan produk 2,410 > 1,66088 dan nilai t hitung variabel harga 3,243 > 1,66088. nilai t hitung variabel emosi positif 2,792 > 1,66088 yang memiliki pengaruh signifikan. Pengujian membuktikan uji f dengan nilai Signifikansi 0,000 < 0,05. variabel pengaruh penataan produk, harga, emosi positif mempengaruhi impulse buying pada konsumen TokoMu Pekalongan sebesar 50,4 % dan sisanya 49,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pengaruh penataan produk, harga, dan emosi positif berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen TokoMu Pekalongan berpengaruh secara simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Penataan Produk, Harga, Emosi Positif, Impulse Buying | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2025 05:04 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2025 05:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |