Annisa, Yasinta (2022) Marketing online shop pada ninis batik Pekalongan dalam prespektif etika bisnis islami. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4117279-Bab1&5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4117279-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
4117279-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan e-commerce bagi para pelaku bisnis seperti online shop Ninis Batik Pekalongan untuk mengembangkan usahanya. Pertumbuhan teknologi globaliasi ekonomi menimbulkan dampak bagi semua kalangan secara global, E-commerce merupakan suatu konsep yang relatif baru yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan proses pembelian dan penjualan atau bertukar produk, layanan, serta informasi melalui jaringan internet. Para pengusaha memanfaatkan e-commerce sebagai media untuk memasarkan produk serta untuk melakukan transaksi jual beli melalui media sosial, manfaat dari media sosial untuk berbinis adalah dapat menyebarluaskan produk dengan cepat dan mudah dan tentunya mendapat pangsa pasar yang meluas. Didalam melakukan transaksi bisnis melalui e-commerce tidak lupa juga memperhatikan etika bisnis Islam yang harus diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskripsi analisis. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa e-commerce memiliki peranan yang penting dalam berkembangnya usaha. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari peningkatan penjualan, omzet yang didapatkan dan juga meluasnya mangsa pasar. Dalam menjalankan bisnispun sudah menerapkan etika bisnis islami berupa prinsip kejujuran, ketetapan, loyalitas dam keadilan. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa berbisnis melalui sistem online mempunyai banyak manfaat diantaranya memudahkan dalam berpromosi maupunn bertransaksi yang dapaat dilakukan tanpa ada batasan waktu dan tempat serta dapat memperluas jangkauan wilayah pasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, Media Sosial, Kualitatif, Etika Binis Islami. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Hasan Hasanudin | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:49 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |