Pengaruh gaya hidup, media sosial, lingkungan sosial, dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif remaja di desa Sidosari kecamatan Kesesi kabupaten Pekalongan

Yani, Silvi (2020) Pengaruh gaya hidup, media sosial, lingkungan sosial, dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif remaja di desa Sidosari kecamatan Kesesi kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Fenomena perilaku konsumtif banyak terjadi pada remaja saat ini, hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah pada masa yang akan datang. Remaja saat ini tidak memiliki sikap hidup hemat, dan sikap produktif. Remaja berperilaku konsumtif yang berlebihan seperti bersikap boros, menghambur-hamburkan uang untuk memenuhi nafsu dan keinginan dan mengikuti gaya hidup yang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial, Lingkungan Sosial, Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja. Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan kepada para remaja di Desa Sidosari Kecamatan Kesesi umur 12-21 tahun, dengan semple sebanyak 84 Responden menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) gaya hidup berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku konsumtif remaja dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil nilai t_hitung 5,765 > t_tabel 1,9904. (2) media sosial berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku konsumtif remaja dengan nilai signifikan sebesar 0,029 < 0,05 dan hasil nilai t_hitung 2,228 > t_tabel 1,9904. (3) lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan negatif terhadap perilaku konsumtif remaja dengan nilai signifikan sebesar 0,621 > 0,05 dan hasil nilai t_hitung -0,496 < t_tabel 1,9904. (4) religiusitas berpengaruh signifikan negatif terhadap perilaku konsumtif remaja dengan nilai signifikan sebesar 0,859 > 0,05 dan hasil nilai t_hitung -0,015 < t_tabel 1,9904. (5) hasil uji F diperoleh nilai F_hitung 23,049 > F_tabel 2,48 nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Kesimpulanya bahwa variabel gaya hidup, media sosial, lingkungan Sosial, dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konumtif remaja. (6) hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,515 menunjukkan bahwa pengaruh gaya hidup, media sosial, lingkungan sosial, terhadap perilaku konsumtif sebesar 51% sedangkan sisanya 49% berasal dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamara, KarimaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Media Sosial, Lingkungan Sosial, Religiusitas dan Perilaku Konsumtif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:55
Last Modified: 21 Jun 2021 04:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item View Item